Analisis Metode Penaksiran Jaminan Emas Di Pegadaian UPC Patrang Jember.

Arifiana, Rizki (2019) Analisis Metode Penaksiran Jaminan Emas Di Pegadaian UPC Patrang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizki Arifiana_083143233.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode penaksiran emas merupakan metode yang digunakan oleh petugas konter layanan gadai emas atau seorang penaksir yang sudah memiliki keahlian khusus dalam menilai maupun menganalisis nilai taksiran atau karatase dari emas. Dalam menjalankan penaksiran jaminan emas menggunakan tiga metode penaksiran emas yaitu analisis fisik, analisis kimia, dan analisis berat jenis yang telah ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri, yaitu analisis fisik, analisis kimia dan analisis berat jenis digunakan untuk menentukan nilai taksiran maupun karatase emas biaya lainya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : a) apa saja metode penaksiran jaminan emas di Pegadaian UPC Patrang, b) bagaimana pelaksanaan metode penaksiran jaminan emas di Pegadaian UPC Patrang Jember. Tujuan dalam skripsi ini adalah : a) untuk mengetahui apa saja metode penaksiran jaminan emas di pegadaian UPC Patrang, b) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode penaksiran jaminan emas di pegadaian UPC Patrang Jember. Penelitian ini dilakukan di pegadaian UPC PATRANG Jember dengan meggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitataif deskritif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observsi, dan dokumentasi adapun analisis data ini dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditaik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulai sumber. Peneliti mempeoleh hasil kesimpulan bahwa, di pegadaian UPC Patrang mempunyai tiga metode untuk menentukan karatase emas yakni a. metode analisis fisik b.metode analisis berat jenis c.metode analisis kimia. Tetapi di pegadaian UPC Patrang lebih sering bahkan dominan menggunakan metode analisis kimia dan metode analisis fisik untuk menentukan karatase dan jumlah kredit yang akan diberikan terhadap nasabah. Bukan berarti metode seperti metode analisis berat jenis tidak digunakan sama sekali, analisis metode berat jenis digunakan ketika seorang penaksir menemukan keraguan dalam proses penaksiran tersebut, ketika mereka dengan menggunakan metode analisis kimia dan metode analisis fisik saja apabila mereka sudah bisa menentukan karatase emas maka seorang penaksir tidak akan menggunakan metode yang lainya. Dengan adanya metode penaksiran emas dapat diketahui nilai taksiran maupun karatase emas, serta besar jumlah pemberian kredit yang akan diberikan kepada nasabah. Penaksiran jaminan emas ini bersifat wajib dan tidak dapat dipisahkan dalam pelaksanaan gadai emas di Pegadaian UPC Patrang Jember. Sehingga dengan adanya penerapan metode ini tingkat terjadinya resiko pemberian kredit pada nasabah relatif kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:50
Last Modified: 08 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19746

Actions (login required)

View Item View Item