Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Dalam Mengembangkan UMKM di BAZNAS Jember

Hasanah, Rofiatul (2019) Efektivitas Pendistribusian Dana Zakat Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Dalam Mengembangkan UMKM di BAZNAS Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rofiatul Hasanah_083143120.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sebagai lembaga pemerintahan yang mengatur tentang dana zakat dan penerapan nilai- nilai agama, BAZNAS mendapat beban berat karena harus mampu menjaga dan mendistribusikan dana zakat tersebut kepada seseorang yang benar- benar membutuhkan dan benar- benar layak untuk diberikan bantuan, salah satu kegiatannya yakni membantu membina dalam mengembangkan usaha para mustahik tertentu. Rumusan masalah 1) bagaimana gambaran umum pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) yang digunakan BAZNAS Jember dalam mendistribusikan dana zakat. 2) Bagaimana ukuran efektivitas program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) yang digunakan BAZNAS Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Adapun hasil penelitian yang didapat adalah 1). Gambaran umum pelaksanaan dan perkembangan mitra binaan instrument yang digunakan BAZNAS Jember adalah dengan memilih mustahik didaerah sekitar rumah pengurus yang sudah mempunyai keterampilan sebelumnya mengenai usaha agar pengurus dapat memantau perkembangan usahanya setiap hari, mengenai pembinaan pengurus BAZNAS Jember hanya melakukan pemberdayaan sebagai motivasi/ dorongan bagi mustahik untuk mengasah kemampuan yang mereka miliki agar usaha yang mereka bina bisa berkembang. 2) Nilai efektif suatu program kemitraan dan binaan UMKM BAZNAS Jember apabila UMKM tersebut masih baik- baik saja dengan usahanya ataupun bisa mengalami keberhasilan dengan mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:50
Last Modified: 08 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19748

Actions (login required)

View Item View Item