Upaya Pengasuh dalam menanamkan jiwa entrepreneurship santri di pondok pesantren mambaul ulum Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Hananiy, Roisatul Ulfah (2015) Upaya Pengasuh dalam menanamkan jiwa entrepreneurship santri di pondok pesantren mambaul ulum Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Roisatul Ulfah Hananiy_084 111 214.pdf

Download (917kB)

Abstract

Pendidikan kewirausahaan merupakan suatu pendidikan yang ditanamkan untuk mendidik siswa menjadi calaon wirausaha yang kreatif dan inovatif. Tujuan diselenggarakannya pendidikan kewirausahaan adalah untuk mengkader calon wirausaha yang siap bersaing di pasar global dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Lembaga pendidikan pesantren merupakan salah satu bentuk sistem sosial yang bisa memungkinkan berkembang makin maju, atau sebaliknya mungkin makin surut dan kemudian tenggelam di telan zaman. Adanya inovasi kurikulum pendidikan pesantren,dengan memasukkan pendidikan keterampilan pertanian,peternakan, agribisnis dan pengetahuan yang sifatnya baru pada dunia sistem pendidikan pesantren. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa upaya pengasuh pondok pesantren melalui motivasi dalam menanamkan jiwa entrepreneurship di Mambaul Ulum?, 2) Bagaimana kurikulum dalam menanamkan jiwa entrepreneurship di pondok pesantren mambaul ulum? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya pengasuh pondok pesantren melalui motivasi dalam menanamkan jiwa entrepreneurship di Mambaul Ulum. 2) Untuk mendeskripsikan kurikulum dalam menanamkan jiwa entrepreneurship di mambaul ulum? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data mengguanakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan, antara lain. 1) Apa upaya pengasuh pondok pesantren melalui motivasi dalam menanamkan jiwa entrepreneurship di Mambaul Ulum?, Memberikan pelajaran kitab dan setelah pembelajaran kitab selesai maka dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang kewirausahaan serta tidak menganjurkan untuk menjadi pegawai negeri sipil ( PNS ) dan lain – lain yang berkaitan dengan Negara. 2), Bagaimana kurikulum dalam menanamkan jiwa entrepreneurship di pondok pesantren mambaul ulum?, Kurikulum yang ada di pondok pesantren Mambaul Ulum tidak hanya mata pelajaran yang diajarkan di kelas, akan tetapi mencakup seluruh aktivitas santri, baik ketika di kelas, di masjid, di asrama, di lapangan olah raga serta mengajarkan fiqih muamalah, life skill dan nilai-nilai entrepreneurship.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:50
Last Modified: 08 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19750

Actions (login required)

View Item View Item