Kerjasama Orang Tua dan Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di TK GITA NUSA Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Jannah, Rovi Atul (2015) Kerjasama Orang Tua dan Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di TK GITA NUSA Pakusari Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rovi Atul Jannah_084 101 171.pdf

Download (493kB)

Abstract

Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Usia dini merupakan masa yang sangat menentukan bagi pembentukan karakter seseorang. Para pakar menyatakan kegagalan penanaman karakter pada seseorang sejak usia dini akan membentuk pribadi yang bermasalah di masa dewasanya kelak. Oleh karena itu penanaman moral melalui pendidikan karakter sedini mungkin adalah kunci utama untuk dapat keluar dari permasalahan yang terjadi saat ini dalam kaitannya dengan masa depan bangsa kita. Dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini orang tua dan guru harus saling bekerjasama dengan baik. Karena tanpa adanya kerjasama yang baik tidak akan berhasil fungsi dan tujuan pendidikan Nasional. Berangkat dari latar belakang tersebut, maka penulis memiliki inisiatif melakukan penelitian tentang kerjasama orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini: bagaimana kerjasama orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA Pakusari Jember? Dan sub fokus masalah: a. bagaimana kerjasama formal antara orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA Pakusari Jember? b. bagaimana kerjasama informal antara orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA Pakusari Jember? Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk1. Mendeskripsikan kerjasama orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA Pakusari Jember. a. mendeskripsikan kerjasama formal antara orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA Pakusari Jember b. Mendeskripsikan kerjasama informal antara orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA Pakusari Jember Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif, adapun penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi, metode analisa data menggunakan metode reduksi data dan keabsahan data menggunkan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian dan pengelolahan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kerjasama orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA sudah terlaksana dengan baik, tetapi kurang optimal. Sub fokus masalahnya : 1) Kerjasama formal antara orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA masih kurang optimal. 2) Kerjasama informal antara orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK GITA NUSA sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:50
Last Modified: 08 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19752

Actions (login required)

View Item View Item