Pengaruh Pembiayaan ARRUM BPKB dan Gadai Emas Terhadap Pendapatan UMKM Di PT Pegadaian Syariah Cabang Jember.

Rahmah, Shofiaytur (2019) Pengaruh Pembiayaan ARRUM BPKB dan Gadai Emas Terhadap Pendapatan UMKM Di PT Pegadaian Syariah Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shofiaytur Rahmah_083 143 242.pdf

Download (1MB)

Abstract

UMKM adalah kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja yang mampu mendorong peningkatan pendapatan masyarakat. UMKM sering kali mengalami kesulitan permodalan, karena salah satu faktor kunci dalam membangun sebuah usaha dibutuhkan sebuah dana atau dikenal dengan modal. Bisnis yang dibangun tidak akan berkembang tanpa didukung dengan modal. Sehingga modal dapat dikatakan jadi jantungnya bisnis. Permasalahan permodalan UMKM dapat diatasi dengan adanya pembiayaan yang diberikan oleh PT Pegadaian Syariah Cabang Jember, yaitu pembiayaan Ar-Rum dan gadai emas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Pertama, pengaruh pembiayaan Ar-Rum dan gadai emas terhadap pendapatam UMKM nasabah di PT Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Jember?. Kedua, seberapa besar pengaruh pembiayaan Arrum dan gadai emas terhadap pendapatam UMKM nasabah di PT Pegadaian Syariah Cabang Jember? Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui pengaruh pembiayaan Ar-Rum dan gadai emas terhadap pendapatan UMKM nasabah Pada PT Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh pembiayaan Ar-Rum dan gadai emas terhadap pendapatan UMKM nasabah Pada PT Pegadaian Syariah Cabang A. Yani Jember. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Metode analisis yang digunakanya itu uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial terdapat pengaruh antara variabel pembiayaan Ar-Rum dengan pendapatan UMKM dengan tingkat signifikansi 0,000 yaitu < 0,05. Terdapat pengaruh antara variabel gadai emas dengan pendapatan UMKM dengan tingkat signifikansi 0,000 yaitu < 0,05. Hasil pengujian secara simultan terdapat pengaruh antara pembiayaan Ar-Rum dan gadai emas dengan pendapatan UMKM di PT Pegadaian Syariah Cabang Jember dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan besar pengaruh yang dihasilkan dari Uji Adj R Square yaitu sebesar 81,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini, seperti kualitas produk, harga, dan lain-lain. Kata Kunci : Pembiayaan Ar-Rum, Gadai Emas, Pendapatan UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:50
Last Modified: 08 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19755

Actions (login required)

View Item View Item