Strategi Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bersubsidib Bagi Masyarakat Berpenghasilan rendah di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu Probolinggo periode 2017-2018.

Rifa, Sigma Agdha (2019) Strategi Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bersubsidib Bagi Masyarakat Berpenghasilan rendah di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu Probolinggo periode 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sigma Agdha Rifa_083 143 087.pdf

Download (14MB)

Abstract

Bank Tabungan Negara (KPR) terus mengalami peningkatan nasabah yang mengajukan kredit KPR dikarenakan pertumbuhan kredit kepemilikan rumah yang sangat baik. Dimana calon nasabah merasa terbantu dengan kredit pemilikan rumah bersubsidi tersebut, oleh sebab itu kredit pemilikan rumah bersubsidi sangat diminati oleh calon nasabah di BTN. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus pada: a) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh BTN Kantor Cabang Pembantu Probolinggo terhadap KPR bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah?. b) Bagaimana perkembangan KPR bersubsidi di BTN Kantor Cabang Pembantu Probolinggo pada periode tahun 2017-2018 dalam bentuk dana dan perumahan?. Tujuan dari penelitian ini: a) Mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh BTN Kantor Cabang Pembantu Probolinggo Terhadap KPR bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah. b) Untuk mengetahui perkembangan KPR Bersubsidi di BTN Kantor Cabang Pembantu Probolinggo pada periode tahun 2017- 2018 dalam bentuk dana dan perumahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunkan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentaasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Hasil penelitian ini yaitu: a) Strategi pemasaran yang digunakan oleh BTN Kantor Cabang Pembantu Probolinggo yaitu dengan mengiklankan produk-produk KPR BTN melalui media massa dan juga media cetak yang di dalamnya mengandung 4 unsur strategi pemasaran yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi mengenai KPR BTN. Selain itu pihak bank juga menampung developer untuk bekerja sama dengan perbankan sehingga ketika ada nasabah yang akan mengajukan KPR diarahkan untuk datang ke BTN Kantor Cabang Pembantu Probolinggo. b) Perkembangan KPR BTN dalam bentuk dana dan juga perumahan di tahun 2017 semester I cenderung meningkat dari bulan Januari hingga Maret yang mana dana terealisasi bulan Januari sebesar Rp 1.206.500.000,00., bergerak naik dana yang terealisasi ke bulan Februari sebesar Rp 1.426.000.000,00., dan kondisi ini juga bergerak naik dana yang terealisasi di bulan Maret sebesar Rp 2.503.000.000,00., kondisi ini disebabkan oleh lokasi yang menjadi daya tarik masyarakat untuk memperoleh KPR. Pada bulan April mengalami penurunan sebesar Rp 1.615.660.000,00., dikarenakan pada bulan April suku bunga mengalami kenaikan. Pada bulan Mei dana terealisasi meningkat sebesar Rp 2.405.565.000,00., dan berlanjut meningkat di bulan Juni sebesar Rp 3.764.361.000,00., dikarenakan lokasi yang menjadi daya tarik masyarakat untuk memiliki rumah yang lokasinya strategis. Maka total dana terealisasi semester I dari bulan Januari hingga Juni 2017 sebesar Rp 12. 921.177.000,00., dengan 122 unit rumah. Pada semester II tahun 2017 dimulai dari bulan Juli meningkat dibandingkan pada bulan Juni sebelumnya yaitu dana terealisasi pada bulan Juli sebesar Rp 4.457.740.000,00., pada bulan Agustus juga ada peningkatan, dana terealisasi pada bulan Agustus sebesar Rp 6.557.190.500,00., jadi faktor kenaikan pada bulan Juli hingga Agustus dikarenakan suku bunga yang mengalami penurunan dan lokasi yang digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix disediakan developer juga mempengaruhi peningkatan KPR. Pada bulan September terjadi penurunan dibanding pada bulan Agustus yaitu dana terealisasi pada bulan September sebesar Rp 5.087.043.000,00., dikarenakan pada bulan September lokasi yang menjadi faktor utama. Pada bulan Oktober meningkat permintaan KPR sebesar Rp 5.848.043.000,00., dan pada bulan November juga mengalami peningkatan sebesar Rp 6.347.312.000,00., dikarenakan lokasi yang menjadi daya tarik masyarakat. Pada bulan Desember dana terealisasi menurun tajam dibanding bulanbulan sebelumnya sebesar Rp 3.029.927.000,00., dikarenakan pendapatan pada masyarakat Probolinggo mengalami kendala. Maka total dana terealisasi semester II dari bulan Juli hingga Desember tahun 2017 sebesar Rp 31.327.255.600,00., dengan 284 unit rumah. Pada awal tahun 2018 memasuki semester satu pada bulan Januari dana terealisasi sebesar Rp 1.368.354.000,00., justru mengalami penurunan dibandingkan awal tahun 2017 dikarenakan pada bulan Januari 2018 masyarakat tidak cocok dengan lokasi. Pada bulan Februari dana terealisasi meningkat dibandingkan bulan Januari sebesar Rp 3.102.621.000,00., dan berlanjut meningkat pada bulan Maret sebesar Rp 6.917.100.000,00., dikarena pada bulan Februari hingga Maret karena lokasi yang cocok dengan masyarakat. Pada bulan April dana terealisasi mengalami penurunan, pada bulan April dana terealisasi sebesar Rp 4.080.006.200,00., penurunan karena pendapatan yang menjadi faktor utama. Pada bulan Mei dana terealisasi meningkat, dana terealisasi pada bulan Mei sebesar Rp 5.301.318.600,00., pada bulan Mei peningkatan karena minat terhadap lokasi. Pada bulan Juni dana terealisasi mengalami penurunan dibandingkan bulan Mei. Dana terealisasi pada bulan Juni sebesar Rp 3.580.600.000,00., penurunan disebabkan karena faktor lokasi dan pendapatan masyarakat. Maka total dana terealisasi pada semester satu tahun 2018 dari bulan Januari hingga Juni sebesar Rp 24.394.999.800,00., dengan 219 unit rumah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Kredit Pemilikan Rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:50
Last Modified: 08 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19756

Actions (login required)

View Item View Item