Penerapan Tabungan Pendidikan Dalam Meningkatkan Jumlah Tabungan Penabung Muda di BMT Sidogiri Kalisat.

Oktavia, Siska Dewi (2019) Penerapan Tabungan Pendidikan Dalam Meningkatkan Jumlah Tabungan Penabung Muda di BMT Sidogiri Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siska Dewi Oktavia_083 143 218.pdf

Download (1MB)

Abstract

BMT Sidogiri Kalisat merupakan salah satu lembaga keuangan syari’ah bukan bank yang cukup besar menerima dan menyalurkan dana dari masyarakat. Salah satu bentuk layanan syari’ah di BMT Sidogiri Kalisat adalah pelayanan penyimpanan uang berbentuk Simpanan SIRENCANA. BMT sidogiri kalisat ini tidak banyak tapi ada peminatnya dikarenakan di BMT sidogiri kalisat tidak fokus untuk prospek tabungan pendidikan karena fokus ditabungan umum. Simpanan SIRENCANA dibuat karena masyarakat sekitar yang masih sangat minim untuk kesadaran akan pentingnya pendidikan. Dewasa ini pendidikan sangatlah penting bagi setiap masyarakat, karena di zaman globalisasi seperti saat ini setiap orang dituntut untuk memiliki pengetahuan yang seluas- luasnya. Tanpa pendidikan manusia akan merasa minder ketika terjun di dunia masyarakarat maupun di dunia kerja. Tetapi untuk memenuhi kebutuhan dan biaya pendidikan secara global masih banyak masyarakat yang kurang mampu, maka dari itu kesempatan ini mendorong BMT Sidogiri untuk membuka produk simpanan SIRENCANA yang pengaplikasiannya dapat juga digunakan sebagai simpanan pendidikan untuk biaya pendidikan masa depan, seperti halnya produk simpanan untuk pendidikan sejak usia dini. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Prosedur Operasional Produk Tabungan Pendidikan Di BMT Kalisat Jember? 2) Bagaimana Fakto-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan jumlah tabungan penabung muda di BMT sidogiri kalisat. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Prosedur Operasional Produk Tabungan Pendidikan Di BMT Sidogiri Kalisat Jember. 2) Untuk mengetahui apa saja fakto-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan jumlah tabungan penabung muda di BMT sidogiri kalisat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. Dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumenasi. Sedangkan metode analis datanya menggunakan metode trianggulasi sumber. Setelah melakukan penelitian dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan kemudian menganalisisnya maka dapat disumpulkan bahwa dalam pembukaan rekening pendidikan (Tarbiyah) ini memang ada beberapa prosedur syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah. Dan pada penelitian ini tidak ditemukan faktor penghambatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:50
Last Modified: 08 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19757

Actions (login required)

View Item View Item