Upaya Muhammadiyah dalam Membentuk Karakter Remaja Putri melalui Nasyi‟atul „Aisyiyah Ranting Kraton cabang Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember

Hanifah, Siti Khulailah Syafi'atul (2015) Upaya Muhammadiyah dalam Membentuk Karakter Remaja Putri melalui Nasyi‟atul „Aisyiyah Ranting Kraton cabang Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Khulailah Syafi‟atul Hanifah_084 111 048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nasyi’atul ‘Aisyiyah hadir di kalangan Muhammadiyah berkat adanya suatu kesadaran religius yang positif tentang masa depan dan kelangsungan citacita Muhammadiyah. Kesadaran ini menjadi wacana organisasi untuk membangun generasi muda Islam untuk tetap eksis dan memegang peran penting dalam perjuangan bangsa. Upaya ini amat bermanfaat bagi bangsa Indonesia yang sedang menapaki tahap kebangkitan bangsa diawal abad XX. Tuntutan sejarah inilah yang melatar belakangi kelahiran Nasyi’atul ‘Aisyiyah sebagai wadah pembinaan dan pendidikan generasi muda putri Islam. Dari tuntutan Nasyi’atul ‘Aisyiyah sebagai generasi penerus ‘Aisyiyah, para remaja putri tersebut diwajibkan untuk memiliki pendidikan yang tinggi dan juga berkarakter yang baik, karena nantinya Nasyi’atul ‘Aisyiyah ini diberikan tanggung jawab yang besar untuk mengelola dan memperbaiki para generasi penerusnya. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana upaya yang dilakukan Muhammadiyah dalam membentuk karakter remaja putri melalui Nasyi’atul ‘Aisyiyah 2) bagaimana hasil dari pembentukan karakter remaja putri melalui Nasyi‟atul „Aisyiyah di Ranting Kraton Cabang Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mendeskripsikan bagaimana upaya Muhammadiyah dalam membentuk karakter remaja putri melalui Nasyi‟atul „Aisyiyah Ranting Kraton Cabang Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun 2015, dan 2) untuk mendeskripsikan hasil dari pembentukan karakter remaja putri melalui Nasyi‟atul „Aisyiyah Ranting Kraton Cabang Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Organisasi Nasyi‟atul „Aisyiyah Ranting Kraton Cabang Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud untuk membuat deskripsi mengenai kejadian-kejadian yang terdapat selama penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, menggunakan bahan referensi, dan member check. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan: 1) Upaya Muhammadiyah dalam membentuk karakter remaja putri melalui Nasyi‟atul „Aisyiyah telah membuat beberapa program kegiatan yang bermanfaat bagi remaja putri, diantaranya yaitu kegiatan dalam bidang kaderisasi, bidang pendidikan, bidang dakwah, dan bidang dokumentasi informasi dan komunikasi. 2) Adapun hasil dari pembentukan karakter tersebut sudah sesuai dengan program yang telah diberikan, namun belum maksimal dalam melaksanakannya dikarenakan kurangnya totalitas setiap anggota dalam menjalankan tugasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19759

Actions (login required)

View Item View Item