Motivasi Guru Honorer dalam meningkatkan profesionalisme di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember.

Maulidah, Siti (2015) Motivasi Guru Honorer dalam meningkatkan profesionalisme di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Maulidah_084111280.pdf

Download (578kB)

Abstract

Jiwa profesionalisme guru merupakan motivasi intrinsik yang memacu guru untuk senantiasa mendorong dirinya menjadi guru yang profesional. Motivasi guru honorer itu sangat diperlukan sebagai penyemangat dalam mengembangkan kualitas diri dan mengembangkan kompetensi. Namun dalam meningkatkan profesionalisme tidak selalu berjalan mulus, ada saja berbagai kendala yang muncul. Jika terjadi kendala maka guru harus bisa meminimalisir agar tidak ada hambatan dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu 1) Bagaimana motivasi guru honorer dalam meningkatkan profesionalisme di MTs Negeri 2 Jember?, 2) Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi guru honorer dalam meningkatkan profesionalisme di MTs Negeri 2 Jember? Tujuan penelitian yaitu: 1) untuk mendeskripsikan motivasi guru honorer dalam meningkatkan profesionalisme di MTsN 2 Jember; 2) untuk mendeskripsikan kendala-kendala guru honorer dalam meningkatkan profesionalisme di MTsN 2 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipasi pasif, wawancara bebas terpimpin, dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Motivasi guru honorer di MTs Negeri 2 Jember ditunjukkan dengan beberapa indikator: (a)Meningkatkan kualitas diri agar proses pendidikan dan pembelajaran berkualitas karena guru yang berkualitas hasilnya akan berkualitas juga, (b)Selalu meningkatkan kompetensinya yang diyakini dapat memberikan bimbingan yang bermutu, (c)Memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. 2) Kendala yang dihadapi guru honorer dalam meningkatkan profesionalisme ada tiga yaitu: (a)Dalam proses pembelajaran yang berlangsung terkadang guru sulit dalam menstranfer pengetahuan dikarenakan ada peserta didik yang sulit untuk menerima pelajaran, (b)Kendala dalam memahami karakter peserta didik berbeda yang menyulitkan guru dalam menangani perbedaan tersebut, (c)Dalam mengelola kelas guru agak sulit menentukan strategi yang tepat sesuai dengan kemampuan dan kondisi peserta didik di MTs Negeri 2 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19760

Actions (login required)

View Item View Item