Sistem Brokerage Ipot Dalam Melayani Investor Pada Segmen Konvensional Dan Syariah Di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Jember.

Rumainah, Siti (2019) Sistem Brokerage Ipot Dalam Melayani Investor Pada Segmen Konvensional Dan Syariah Di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Rumaniah_083 143 270.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Sistem Brokerage, Segmen Konvensional dan syariah, GIBEI Alasan peneliti tertarik melakukan penelitian di IPOT dikarenakan platform tersebut memiliki produk syariah yang dinamakan IPOT Syariah. Produk ini merupakan aplikasi online trading syariah pertama di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikat dari Dewan Syariah Nasional (DSN). Sedangkan ketertarikan dalam pemilihan GIBEI UNEJ sebagai tempat penilitian adalah UNEJ merupakan Perguruan Tinggi Nasional (PTN) yang tentunya lebih mengarah kepada yang umum daripada yang syariah. Tetapi dengan bekerjasama dengan IPOT, GIBEI ini juga melayani transaksi khusus syariah calon investor/ investor untuk bertransaksi sesuai prinsip syariah. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sistem pelayanan brokerage IPOT pada segmen konvensional dan syariah di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Jember? 2) Apa kelebihan dan kekurangan sistem pelayanan brokerage IPOT dengan perbedaan segmen konvensional dan syariah? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui sistem pelayanan brokerage IPOT pada segmen konvensional dan syariah di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Jember. 2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem pelayanan brokerage IPOT dengan perbedaan segmen konvensional dan syariah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pelayanan brokerage IPOT di Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Jember dengan cara pendampingan mulai dari pengenalan tentang pasar modal, bursa efek, sekuritas IPOT, online trading, pembukaan account, dan sebagainya sampai investor dapat mengoperasikan sendiri. Sistem brokerage IPOT di segmen konvensional dan syariah memiliki kesamaan dalam persyaratan pembukaan account. Yang membedakannya adalah klausul dalam akad atau perjanjian yang ditetapkan. Kelebihan dari sistem pelayanan brokerage IPOT adalah investor dapat memilih sendiri sistem online trading yang diinginkan dan investor dapat melakukan online trading baik dengan atau tanpa broker IPOT. Sedangkan kekurangan dari sistem pelayanan brokerage IPOT adalah proses mendapatkan User ID, PIN, Password di segmen online trading syariah jauh lebih lama prosesnya daripada yang konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19762

Actions (login required)

View Item View Item