Optimalisasi Potensi Multiple Intelligences melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tabilla di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015.

Sulaiha, Siti (2015) Optimalisasi Potensi Multiple Intelligences melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tabilla di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Sulaiha_084 111 283.pdf

Download (668kB)

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi diri akan kecerdasan yang dimiliki. Individu yang cerdas adalah individu yang mampu menyelesaikan masalah pada diri sendiri dan lingkungan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut tidak bisa dengan satu kecerdasan melainkan dengan bermacam- macam kecerdasan (multiple intelligences). Multiple intelligences adalah kemampuan siswa yang bermacam-macam dalam menghadapi dan menyesuaikan diri dengan situasi yang baru secara cepat dan efektif. Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi pokok masalah adalah: 1) Bagaimana optimalisasi potensi multiple intelligences verbal-linguistik melalui kegiatan ekstrakurikuler Tabilla di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2014/2015?, 2) Bagaimana optimalisasi potensi multiple intelligences visual-spasial melalui kegiatan ekstrakurikuler Tabilla di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2014/2015?, 3) Bagaimana optimalisasi potensi multiple intelligences interpersonal melalui kegiatan ekstrakurikuler Tabilla di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2014/2015? Dalam sebuah penelitian tentu terdapat tujuan yang ingin dicapai: 1) Untuk mendeskripsikan optimalisasi potensi multiple intelligences verballinguistik melalui kegiatan ekstrakurikuler Tabilla di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2014/2015, 2) Untuk mendeskripsikan optimalisasi potensi multiple intelligences visual-spasial melalui kegiatan ekstrakurikuler Tabilla di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2014/2015, 3) Untuk mendeskripsikan optimalisasi potensi multiple intelligences interpersonal melalui kegiatan ekstrakurikuler Tabilla di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian lapang. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam skripsi ini adalah metode observasi, interview, dan dokumenter. Dari data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Optimalisasi potensi multiple intelligences verbal-linguistik melalui kegiatan ekstrakurikuler Tabilla dilakukan dengan dua kegiatan yaitu pelatihan dan terjun langsung ke masyarakat, 2) Optimalisasi potensi multiple intelligences visual-spasial melalui kegiatan ekstrakurikuler Tabilla dilakukan dengan pelatihan dan evaluasi di ruang multimedia/laboratorium komputer MAN 1 Jember, 3) Optimalisasi potensi multiple intelligences interpersonal melalui kegiatan ekstrakurikuler Tabilla dilakukan dengan sering berkumpul bersama dan mendapat dukungan dari pembina, alumni, dan purna Tabilla.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19764

Actions (login required)

View Item View Item