Pengatuh Faktor Eksternal Terhadap Margin Pembiayaan Murabahah Di Bank BNI Syariah (Periode 2014-2016)

Sulaiha, Siti (2019) Pengatuh Faktor Eksternal Terhadap Margin Pembiayaan Murabahah Di Bank BNI Syariah (Periode 2014-2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Sulaiha_083133035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah merupakan sebuah lembaga keuangan yang beroperasi dengan menggunakan prinsip syariah yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadits. Beberapa produk yang BNI Syariah tawarkan diantaranya adalah pembiayaan murabahah, yakni sebuah pembiayaan bank dengan akad jual beli yang dilakukan oleh pihak bank dan nasabah. Pembiayaan murabahah ini merupakan sebuah pembiayaan yang paling dominan diantara pembiayaan lain yang disediakan oleh bank. Dengan alasan itulah peneliti tertarik melakukan penelitian tentang pengaruh faktor eksternal terhadap pembianyaan murabahah periode 2014-2016. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah; 1) Seberapa besar pengaruh inflasi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), kurs atau nilai tukar rupiah secara simultan (bersamaan) terhadap margin pembiayaan murabahah di bank BNI Syariah?. 2) Seberapa besar pengaruh inflasi terhadap margin pembiayaan murabahah di bank BNI Syariah?. 3) Seberapa besar pengaruh Indeks Haarga Saham Gabungan (IHSG) terhadap margin pembiayaan murabahah di bank BNI Syariah?. 4) Seberapa besar pengaruh kurs atau nilai tukar rupiah terhadap margin pembiayaan murabahah di bank BNI Syariah?. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inflasi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), dan Kurs secara simultan (bersamaan) terhadap margin pembiayaan murabahah di bank BNI Syariah. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inflasi terhadap margin pembiayaan murabahah di bank BNI Syariah. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terhadap margin pembiayaan murabahah di bank BNI Syariah. 4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kurs atau nilai tukar rupiah terhadap margin pembiayaan murabahah di bank BNI Syariah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan time series.Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam regresi linier, ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu; Kooefisien Determinasi (R2 ), Uji F dan uji t. namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dahulu data harus memenuhi uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Faktor Eksternal berpengaruh terhadap Margin Pembiayaan Murabahah di Bank BNI Syariah sebesar 84.1%. 2) Inflasisecaraparsialberpengaruhterhadap margin pembiayaanmurabahah. 3)IndeksHargaSahamGabungan (IHSG) secaraparsialtidakberpengaruhterhadap margin pembiayaanmurabahah.4)Kurs Rupiah secaraparsialberpengaruhterhadap margin pembiayaanmurabahah. Kata Kunci: Murabahah, Inflasi, IHSG, Kurs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19765

Actions (login required)

View Item View Item