Manajemen Sarana dan Prasarana di SMAN Plus Sukowono Tahun Pelajaran 2018/2019.

Safiudin, Ahmad (2019) Manajemen Sarana dan Prasarana di SMAN Plus Sukowono Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Safiudin_0849113069.pdf

Download (10MB)

Abstract

Sarana prasarana merupakan salah satu faktor penting dalam sebuah pendidikan, SMAN Plus Sukowono yang merupakan salah satu sekolah yang memiliki sarana dan prasarana yang kurang memenuhi standar. Penggunaan sarana seperti media pembelajaran tidak terlalu dominan pada proses pembelajaran, guru menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran untuk mendukung tercapainya kompetensi setiap mata pelajaran. Prasarana yang merupakan pendukung dari pembelajaran di sekolah. Fokus Penelitian ini adalah 1).Bagaimana manajemen perencanaan sarana dan prasarana SMAN Plus Sukowono? 2).Bagaimana manajemen pengadaan sarana dan prasarana SMAN Plus Sukowono? 3).Pemeliharaan sarana dan prasarana SMAN Plus Sukowono? 4).Bagaimana manajemen penghapusan sarana dan prasarana dalam mengembangkan mutu pendidikan di SMAN Plus Sukowono? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan manajemen 1).Perencanaan, 2).Pengadaan, 3).Pemeliharaan serta 4).Penghapusan sarana dan prasarana di SMAN Plus Sukowono. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori manajemen George Terry dalam Principle Of Manajement, yaitu Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), dan Controlling (pengawasan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode penentuan subyek dengan purposive. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber data, teknik, dan Triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa 1).Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan berdasarkan keputusan rapat koordinasi pihak-pihak terkait kemudian dikelompokkan berdasarkan skala prioritas. 2).Pengadaan disesuaikan dengan perencanaan dengan memperhatikan spesifikasi, jumlah, dan harga. 3).Pemeliharaan belum sempurna karena beberapa hal seperti tempat penyimpanan, administrasi dan jumlah peralatan tidak sesuai kebutuhan. 4).Penghapusan dilakukan setiap periode pelaporan ke cabang dinas pendidikan melalui operator barang dengan melakukan pemilihan barang terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19768

Actions (login required)

View Item View Item