Pengaruh Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode Januari 2015 – Januari 2019).

Hayatun, Sriatma (2019) Pengaruh Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Bank Umum Syariah di Indonesia Periode Januari 2015 – Januari 2019). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sriatma Hayatun_E20151088.pdf

Download (7MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan bentuk usaha yang dapat menggerakkan perekonomian secara makro dengan bermuara pada perubahan tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memerlukan modal yang tidak sedikit, oleh karena itu peluang ini ditangkap oleh bank syariah melalui pembiayaan. Kemampuan perusahaan dalam memenuhi semua kewajibannya apabila perusahaan dilikuidasi disebut solvabilitas. Tingkat solvabilitas dapat diukur dengan menggunakan rasio permodalan bank, yaitu dengan memastikan kecukupan modal bank untuk dapat memenuhi resiko penyaluran dana dan resiko pasar yang tercermin dari Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM). Dalam perhitungan rasio KPMM bank harus memelihara kecukupan modalnya dengan suatu rasio yang disebut dengan rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR). Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) apakah pembiayaan UMKM berpengaruh signifikan terhadap ROA dari Bank Umum Syariah di Indonesia? (2) apakah CAR berpengaruh signifikan terhadap ROA dari Bank Umum Syariah di Indonesia? (3) apakah pembiayaan UMKM dan CAR secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROA dari Bank Umum Syariah di Indonesia? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh pembiayaan UMKM terhadap profitabilitas (2) untuk mengetahui pengaruh CAR terhadap profitabilitas (3) untuk mengetahui pengaruh pembiayaan UMKM dan CAR secara simultan terhadap profitabilitas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder. Metode yang digunakan ialah regresi linier berganda dengan memperhatikan empat hal yaitu uji asumsi klasik, uji hipotesis, regresi linier berganda, koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan UMKM secara parsial berpengaruh namun tidak signifikan terhadap profitabilitas. Kemudian CAR secara parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan, secara simultan pembiayaan UMKM dan CAR berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode Januari 2015 – Januari 2019. Kata Kunci: Pembiayaan UMKM, CAR, ROA, Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19770

Actions (login required)

View Item View Item