Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Prasetyo, Tantra (2015) Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tantra Prasetyo_084 111 036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada hakikatnya bimbingan dan konseling (BK) merupakan salah satu program yang tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan. Masalah belajar dan sosial timbul karena seorang siswa sedang mengalami masalah akhlak. fenomena menyangkut akhlak siswa yang seringkali dialami ketika mereka menyandang predikat sebagai remaja, yaitu ketika mereka belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA). Kondisi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ingin menemukan jalan hidupnya sendiri dan cenderung ingin menerima tanggung jawab pribadi untuk mencapai kematangan. Maka dari itu, perlunya pembinaan akhlak siswa melalui pelayanan bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam hal ini bertujuan untuk merubah, memperbaiki dan membina sifat atau perilaku seseorang menuju ke arah yang lebih baik dan berakhlak mulia. Dengan adanya pembinaan akhlak siswa melalui pelayanan bimbingan dan konseling tersebut di sekolah, diharapkan mampu merealisasikan Undang- Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana program pelayanan bimbingan dan konseling dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN Arjasa tahun pelajaran 2015/2016? 2). Bagaimana bentuk pelayanan bimbingan dan konseling dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN Arjasa tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini meliputi 1). Untuk mendeskripsikan bentuk pelayanan bimbingan dan konseling dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN Arjasa tahun pelajaran 2015/2016. 2). Untuk mendeskripsikan program pelayanan bimbingan dan konseling dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN Arjasa tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti untuk menghimpun data, antara lain: metode observasi, interview dan dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan 1) reduksi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Program pelayanan bimbingan dan konseling dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN Arjasa yaitu program perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Ketiga program tersebut telah dilaksanakan dengan baik akan tetapi dalam efisiensi waktu untuk membina akhlak siswa melalui pelayanan bimbingan dan konseling di SMAN Arjasa masih banyak melalui hambatan. 2). Bentuk pelayanan bimbingan dan konseling dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN Arjasa yaitu pembinaan akhlak siswa terhadap Allah Swt yang meliputi sabar, syukur dan tawakal dan pembinaan akhlak siswa tehadap sesama manusia yang meliputi akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap guru dan akhlak terhadap teman. dibentuk melalui pelayanan konseling perseorangan, pelayanan bimbingan kelompok dan pelayanan bimbingan konseling kelompok, pelayanan orientasi, pelayanan informasi, pelayanan konten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:51
Last Modified: 08 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19771

Actions (login required)

View Item View Item