Upaya Guru Alquran Hadis dalam Menumbuhkan Motivasi Menghafal Alquran pada Siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kulsum, Umi (2015) Upaya Guru Alquran Hadis dalam Menumbuhkan Motivasi Menghafal Alquran pada Siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Kulsum_084 111 041.pdf

Download (826kB)

Abstract

Alquran menjadi sarana paling utama untuk merintis, memulai dan menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya. Dengan alquran, kita dapat mengetahui segala yang baik dan buruk. Melalui alquran, kita bisa memahami yang haq dan yang batil. Melaui alqur’an pula kita mampu mengerti terhadap segala sesuatu yang di ridha’i dan yang dibenci oleh Allah SWT. Dalam rangka menjaga orisionalitas alquran ini, selain dilakukan dengan cara membaca, memahami dan menghafalnya. Disinilah peran guru sangat diperlukan untuk menumbuhkan semangat menghafal alquran siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru alquran hadis dalam menumbuhkan motivasi menghafal alquran pada siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016?, (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi upaya guru alquran hadis dalam menumbuhkan motivasi menghafal alquran pada siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mendeskripsikan upaya guru alquran hadis dalam menumbuhkan motivasi menghafal alquran pada siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru alquran hadis dalam menumbuhkan motivasi menghafal alquran pada siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara/ interview dan dokumentasi. Tekhnik analisa data menggunakan model interaktif Milles and Hubberman dan validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik Penelitian ini memperoleh kesimpulan : (1) upaya-upaya yang dilakukan guru alquran hadis adalah memberikan bimbingan intensif, pendekatan emosional, memberikan motivasi-motivasi tentang keutamaan menghafal, memberikan pujian, hadiah, dan hukuman, (2) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi upaya guru alquran hadis dalam menumbuhkan motivasimenghafal alquran pada siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren adalah kelas yang menyenangkan, mushalla yang nyaman sebagai tempat menghafal di luar jam pelajaran, taman yang indah dan sejuk serta ketersediaan buku-buku tajwid dan juz’amma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:52
Last Modified: 08 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19775

Actions (login required)

View Item View Item