Peran Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri Pada Bidang Baca Tulis Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Dukuh Mencek Sukorambi Jember.

Faizah, Ummu (2015) Peran Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri Pada Bidang Baca Tulis Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Dukuh Mencek Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ummu Faizah_084 111 295.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam masyarakat sekarang tidak sedikit seorang tenaga pendidik yang hanya mengajarkan materi pada santri namun masalah yang menyangkut hal ihwal santri mereka enggan untuk menyapa. Bila kualitas tenaga penddik semacam ini maka yang terlahir adalah generasi robot, generasi yang hanya paham bermacam ilmu namun tanpa ruh dan jiwa. Oleh sebab itu peneliti mengangkat permasalahan tersebut untuk mengadakan penelitian dengan judul peran tenaga pendidik dalam meningkatkan minat belajar baca tulis al-Qur’an santri di Taman Pendidikan AlQur’an Al-Hidayah Dukuh Mencek Sukorambi Jember”. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana peran tenaga pendidik sebagai pendidik?, 2). Bagaimana peran tenaga pendidik sebagai pembimbing?, 3). Bagaimana peran tenaga pendidik dalam meningkatkan minat belajar santri secara intrinsik?, dan 4). Bagaimana peran tenaga pendidik dalam meningkatkan minat belajar santri secara ektrinsik pada bidang baca tulis al-Qur’an di TPQ al-Hidayah Dukuh Mencek Sukorambi Jember? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran tenaga pendidik dalam meningkatkan minat belajar santri pada bidang baca tulis alQur’an di taman pendidikan al-Qur’an (TPQ) al-Hidayah Dukuh Mencek, Sukorambi, Jember. Selanjutnya penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini, di antaranya adalah Pengelola, Ustadz/ustadzah, Santri dan Wali Santri. Metode penelitian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa peran tenaga pendidik dalam meningkatkan minat belajar santri pada bidang baca tulis Al-Qur’an sangat penting dan dinilai dapat meningkatkan minat belajar santri. Karena dengan memberi motivasi, inspirasi dan fasilitas yang memadai santri akan menerima dan memproses materi yang telah ia terima dengan suka dan akan mudah mengingat materi yang disampaikan sehingga tercapai hasil yang maksimal. Tidak hanya itu, tenaga pendidik juga membimbing santri dalam mengatasi kesulitan belajar serta mengevaluasi hasil dari proses pembelajaran. Dengan adanya evaluasi , baik evaluasi harian, bulanan, akhir jilid, EBTA, pra munaqosah hingga munaqosah tenaga pendidik mampu mengetahui seberapa jauh kemampuan para santri dalam membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Al-Hidayah Dukuh Mencek Sukorambi Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:52
Last Modified: 08 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19776

Actions (login required)

View Item View Item