Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ar-Riyadh Sidomulyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Jannah, Uzlifatil (2015) Implementasi Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ar-Riyadh Sidomulyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uzlifatil Jannah _084 111 021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya umat Islam yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah Ilmu Tajwid. Karena hal itu merupakan perintah agama untuk membaca membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, jadi diperlukannya pembelajaran Ilmu Tajwid yang disampaikan melalui berbagai macam metode pembelajaran dengan berpedoman buku atau kitab Tajwid. Salah satu dari sekian banyak buku atau kitab Tajwid yang digunakan sebagai pedoman adalah kitab Hidayatus Shibyan. Fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) bagaimana implementasi pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ar-Riyadh Sidomulyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015?, 2) bagaimana implementasi pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Ilmu Tajwid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ar-Riyadh Sidomulyo Kecamatan Semboro Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an denga Ilmu Tajwid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ar-Riyadh tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif analisis. Penentuan informannya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) implementasi pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah diprioritaskan pada santri kelas III tingkatan Al-Qur’an, yang paling ditekankan adalah pada makhorijul hurufnya. Pembelajarannya berlangsung dengan menggunakan beberapa metode di antaranya: metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan metode latihan. 2) implementasi pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Ilmu Tajwid diterapkan secara teoritis dan praktis dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran di antaranya metode tanya jawab, metode demonstrasi, dan metode latihan pada santri kelas III tingkatan Al-Qur’an. Sehingga santriwan dan santriwati terbiasa membaca Al-Qur’an dengan Ilmu Tajwid dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:52
Last Modified: 08 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19778

Actions (login required)

View Item View Item