Analisis Rasio Leverage dan Profitabilitas Terhadap Price to Book Value (PBV) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016.

Khasanah, Wardatul (2019) Analisis Rasio Leverage dan Profitabilitas Terhadap Price to Book Value (PBV) Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wardatul Khasanah_083143160.pdf

Download (1MB)

Abstract

Price to Book Value merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kinerja pasar saham terhadap nilai bukunya. PBV juga menunjukkan seberapa jauh suatu perusahaan mampu menciptakan nilai perusahaan yang relatif terhadap jumlah modal yang diinvestasikan. Semakin tinggi rasio PBV dapat diartikan semakin berhasil perusahaan menciptakan nilai bagi pemegang saham. Fokus masalah yang diteliti adalah bagaimana pengaruh Debt Equity Ratio, Return on Asset dan Return on Equity terhadap Price to Book Value pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016 secara parsial dan simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap Price to Book Value pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Rasio keuangan yang digunakan yaitu rasio leverage dan profitabilitas. Dalam penelitian ini variabel yang ada adalah variabel bebas yaitu Debt Equity Ratio, Return on Asset dan Return on Equity dan variabel terikat yaitu Price to Book Value. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari setiap perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tiga tahun yaitu tahun 2014, 2015, 2016. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 39 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Dalam analisis regresi linier berganda yaitu: Koefisien Determinasi (R2 ), Uji F dan Uji t. Namun, sebelum melakukan analisis regresi linier berganda terlebih dahulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Debt Equity Ratio, Return on Asset dan Return on Equity berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value secara simultan. Dan secara parsial rasio profitabilitas (Return on Asset dan Return on Equity) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Price to Book Value. Sedangkan rasio leverage (Debt Equity Ratio) tidak berpengaruh signifikan terhadap Price to Book Value. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi para investor dalam memprediksi harga saham perusahaan yang akan datang dan dalam pengambilan keputusan untuk berinvestasi. Kata kunci: Debt Equity Ratio, Return on Asset, Return on Equity, Price to Book Value.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:52
Last Modified: 08 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item View Item