Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri Se Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Fatoni, Mohammad (2018) Pengaruh Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri Se Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMMAD FATONI_0849315008.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata kunci : Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Sebagai refleksi dari perkembangan teknologi pendidikan yang semakin maju guru dituntut untuk selalu berusaha meningkatkan kompetensinya baik yang berkaitan dengan sikap, pengetahuan dan keterampilannya sebagai seorang guru. Guru yang berkompeten adalah guru yang mampu menumbuhkan motivasi belajar pada diri siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu kompetensi guru dan motivasi belajar merupakan aspek yang penting dalam proses pembelajaran. Tanpa adanya guru yang berkompeten dan motivasi belajar yang kuat dari siswa tentu tujuan dari pembelajaran yaitu hasil belajar yang optimal akan sulit tercapai. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh kompetensi guru PAI terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri se kecamatan Kaliwates kabupaten Jember? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri se kecamatan Kaliwates kabupaten Jember? (3) Adakah pengaruh kompetensi guru PAI dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri se kecamatan Kaliwates kabupaten Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan seberapa besar pengaruh kompetensi guru PAI terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri se kecamatan Kaliwates kabupaten Jember. (2) Menjelaskan seberapa besar pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri se kecamatan Kaliwates kabupaten Jember. (3) Menjelaskan seberapa besar pengaruh kompetensi guru PAI dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri se kecamatan Kaliwates kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah penarikan sample secara proporsional (proportional sampling) dengan tujuan untuk memperoleh sampel yang representatif. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner atau angket. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunaka regresi sederhana ( uji t ) dan regresi berganda ( uji F ). Hasil penilitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif antara kompetensi guru PAI terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri se kecamatan Kaliwates kabupaten Jember sebesar 7,5 %. (2) Ada pengaruh yang positif antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri se kecamatan Kaliwates kabupaten Jember sebesar 2,5 %. (3) Ada pengaruh yang positif antara kompetensi guru PAI dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri se kecamatan Kaliwates kabupaten Jember sebesar 10,1 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:52
Last Modified: 08 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19786

Actions (login required)

View Item View Item