Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi-Kasus di SMA Negeri 2 Jember dan SMA Al-Furqan Jember)

Abdul Qodir, Haris (2023) Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Multi-Kasus di SMA Negeri 2 Jember dan SMA Al-Furqan Jember). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Haris Abdul Qodir_0849319022.pdf

Download (8MB)

Abstract

Semakin hari, perilaku seksual berisiko di Indonesia semakin meningkat. Di negara yang masyarakatnya berprinsip pada nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, fenomena tersebut menjadi suatu ketimpangan antara moralitas dengan realitas. Oleh karena itu, pendidikan menjadi sangat penting untuk menginternalisasi nilai-nilai supaya peserta didik menjaga seksualitasnya dan hanya menyalurkannya sesuai dengan cara-cara yang diatur oleh agama. SMA Negeri 2 Jember dan SMA Al-Furqan Jember dipilih sebagai lokasi penelitian untuk menampilkan institusi pendidikan khususnya di Kabupaten Jember yang menerapkan pendidikan seksual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini difokuskan pada: 1) Pembelajaran PAI tentang pola pergaulan antar lawan jenis di SMAN 2 Jember dan SMA Al-Furqan Jember; 2) Pembelajaran PAI tentang penyimpangan seksual di SMAN 2 Jember dan SMA Al-Furqan Jember. Sehingga, penelitian ini ditujukan untuk: 1) Mendeskripsikan pembelajaran PAI tentang pola pergaulan antar lawan jenis di SMAN 2 Jember dan SMA Al-Furqan Jember; 2) Mendeskripsikan pembelajaran PAI tentang penyimpangan seksual di SMAN 2 Jember dan SMA Al-Furqan Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus kolektif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis data interaktif oleh Miles, dkk serta model explanation building oleh Robert K. Yin. Keabsahan data dicek melalui teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, penggunaan bahan referensi, dan peer debriefing.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran PAI tentang pola pergaulan antar lawan jenis di SMAN 2 Jember dan SMA Al-Furqan Jember terintegrasi ke dalam pembelajaran bab menghindari zina dan pergaulan bebas. SMAN 2 Jember mengompromikan antara konsep PAI dengan realitas budaya sekolah negeri yang sintesisnya adalah implementasi parsial dari konsep PAI tentang pola pergaulan antar lawan jenis, sedangkan SMA Al-Furqan Jember secara eksklusif menerapkan konsep PAI tentang pola pergaulan antar lawan jenis sebagai nilai absolut melalui langkah-langkah yang represif. 2) Pembelajaran PAI tentang penyimpangan seksual di SMAN 2 Jember dan SMA Al-Furqan Jember berfokus pada pembahasan mengenai zina yang juga terintegrasi ke dalam pembelajaran bab menghindari zina dan pergaulan bebas. Di SMAN 2 jember, pembelajaran menggunakan pendekatan sosiologis dengan lebih menekankan materi yang bersifat fakta, sedangkan pembelajaran di SMA Al-Furqan Jember menggunakan pendekatan spiritual dengan lebih menekankan materi yang bersifat prinsip (akidah).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. Haris Abdul Qodir
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:46
Last Modified: 08 Mar 2023 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19789

Actions (login required)

View Item View Item