Strategi Pemasaran Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Ambulu.

Hasanah, Nurul (2018) Strategi Pemasaran Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Ambulu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Hasanah_0849115006.pdf

Download (6MB)

Abstract

Menjamurnya lembaga pendidikan menjadikan lembaga pendidikan sebagai penyedia jasa pendidikan saling bersaing untuk mendapatkan peserta didik yang sebanyak-banyaknya. Dengan begitu pengelolaan pendidikan menjadi sangat penting, karena persaingan dalam dunia pendidikan tidak dapat terelakkan lagi. Oleh sebab itu suatu lembaga pendidikan seharusnya mempunyai suatu strategi dalam memasarkan pendidikannya, sehingga kebutuhan masyarakat umum yang notabene menjadi pengguna hasil pendidikan dapat tersalurkan. Saat ini kompetisi antar sekolah pun semakin ketat. Maka penyelenggara pendidikan dituntut untuk kreatif dalam menggali keunikan dan keunggulan sekolahnya agar dibutuhkan dan diminati oleh pelanggan jasa pendidikan. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini berupaya untuk mengungkap strategi pemasaran pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Ambulu. Dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana segmentasi pasar pendidikan di MTs Ma’arif Ambulu? (2) Bagaimana targetting pemasaran pendidikan di MTs Ma’arif Ambulu? (3) Bagaimana positioning pemasaran pendidikan di MTs Ma’arif Ambulu? Sedangkan tujuannya sebagai berikut: (1) Untuk mendiskripsikan segmentasi pasar pendidikan di MTs Ma’arif Ambulu Jember (2) Untuk mendiskripsikan targetting pemasaran pendidikan di MTs Ma’arif Ambulu Jember (3) Untuk mendiskripsikan positioning pemasaran pendidikan di MTs Ma’arif Ambulu Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci. Penentuan subjek penelitian berupa, kepala sekolah, Bendahara sekolah, waka kurikulum, waka humas, panitia PPDB, siswa menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuslitstif model interaksi (model interaktif Miles dan Huberman). Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas yang meliputi triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil temuan menunjukkan: (1) Segmentasi Pemasaran Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Ambulu. Berdasarkan geografis adalah dengan mengadakan sosialisasi ke berbagai SD/MI di kecamatan Ambulu dan yang bertanggung jawab dalam sosialisasi tersebut adalah dewan guru perwilayah. Berdasarkan demografisnya dapat dilihat dari asas berdirinya madrasah tersebut. Yakni memilih segmen masyarakat muslim dari kalangan menengah ke bawah dengan menetapkan biaya pendidikan yang ringan serta memberikan biaya pendidikan gratis bagi siswa yatim yang kurang mampu. Madrasah ini mensegmen masyarakat yang mengedepankan pendidikan agama dan pendidikan umum. Hal ini berdasarkan pada jumlah sekolah (MTs) di wilayah kota Ambulu masih sedikit. (2) Targetting Pemasaran Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Ambulu. (a) kurikulum sekolah siswa- siswi. (b) Pengadaan biaya sekolah yang ringan (c) Saran dan Prasarana (d) Kegiatan Ekstrakurikuler (3) Positioning Pemasaran Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Ambulu. (a) Peran guru dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Kemudian pihak sekolah juga memasang banner dan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v menyebarkan brosur kegiatan ini dilaksanakan ketika penerimaan peserta didik baru antara bulan Mei-Juni. Serta melakukan silaturakhim ke berbagai tokoh masyarakat yang ada di Ambulu, tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan dan image yang baik dengan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan setelah hari raya Idul Fitri. Banyak dewan guru yang menjadi pengurus organisasi Nadhlatul Ulama atau NU. (b) Mengadakan kegiatan di luar sekolah seperti pada acara peringatan hari besar Islam (PHBI), madrasah ini mengadakan pengajian, dan pada bulan Muharram mengadakan santunan anak yatim. kegiatan ini rutin dilakukan setiap waktu dan daerah, bekerja sama dengan masjid di daerah setempat Tidak hanya kegiatan dalam rangka peringatah hari besar Islam (PHBI), madrasah ini juga banyak mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah lain dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat. (c) Aktif di media sosial dalam kegiatan positioning Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Ambulu juga aktif di media sosial seperti face book dan instagram. Namun yang lebih eksis adalah media sosial face book.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:53
Last Modified: 08 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19790

Actions (login required)

View Item View Item