PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA MLOKOREJO KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER

Nur, Ita (2023) PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA MLOKOREJO KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS NUR ITA PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA MLOKOREJO.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Tematik di MI perlu didukung oleh motivasi. Motivasi akan menentukan tingkat keberhasilan atau kegagalan belajar peserta didik. Belajar tanpa motivasi kiranya sulit untuk berhasil. Secara empirik, multimedia dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pemanfaatan multimedia Video untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik di MI Miftahul Huda Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember; (2) Menganalisis pemanfaatan multimedia Power Point Interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik di MI Miftahul Huda Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember; (3) Menganalisis pemanfaatan multimedia Google Form untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik di MI Miftahul Huda Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MI Miftahul Huda Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive, antara lain: Kepala Madrasah selaku informan kunci, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, guru kelas, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumenter. Analisis data kualitatif yang digunakan yaitu: data condensation, data display, dan conclusion drawing/verifications. Dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk memeriksa keabsahan data.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Multimedia video pembelajaran di MI Miftahul Huda dikembangkan oleh guru secara mandiri dan disesuaikan dengan materi serta kearifan lokal. Video pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi dan memotivasi peserta didik untuk belajar; (2) Multimedia power point interaktif didesain dengan cara memaksimalkan fitur hyperlink, sehingga dapat digabungkan dengan berbagai sumber lain seperti: youtube, website, gambar, kuis, animasi, dan sebagainya. Power point interaktif telah didesain semenarik mungkin sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik; (3) Google form didesain oleh guru yang telah ditunjuk sebagai tim khusus. Google Form digunakan sebagai evaluasi, pengumuman, dan survey. Google form ini menjadikan peserta didik lebih senang karena tidak hanya tekstual tetapi terdapat visualisasi dan melatih berpikir tinggi sehingga meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Ita
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:22
Last Modified: 09 Mar 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19798

Actions (login required)

View Item View Item