Pola asuh orang tua dalam mengembangkan kepedulian sosial anak di Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2019.

Ramadhanty, Ana Nurin (2020) Pola asuh orang tua dalam mengembangkan kepedulian sosial anak di Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ana Nurin Ramadhanty_T20159010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan pola interaksi antara orang tua dan anaknya selama pengasuhan yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian anak. Pola asuh orang tua memberikan penanaman mengenai kepedulian sosial yang ada di masyarakat. Kepedulian sosial yang minim memberikan dampak negatif kepada anak akan kepekaan sosial yang minim oleh anak, membuat anak cenderung acuh kepada fenomena sosial. Fokus penelitian dalam penelitian ini ada tiga, adapun fokus yakni: (1) Bagaimana pola asuh Indulgent orang tua dalam mengembangkan kepedulian sosial anak di Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2019? (2) Bagaimana pola asuh Authoritatif orang tua dalam mengembangkan kepedulian sosial anak di Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2019? (3) Bagaimana pola asuh Authoritarian orang tua dalam mengembangkan kepedulian sosial anak di Dusun Glengseran Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun 2019? Peneliti menggunakan metode penelitian kualititatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian yakni dusun Glengseran desa Suci kecamatan Panto kabupaten Jember. Metode pemilihan informan dengan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yakni kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian dalam pola asuh orang tua dalam mengembangkan kepedulian sosial anak di dusun glengseran desa suci kecamatan panti yakni: Pola asuh indulgent orang tua, bahwa: (a) Bahwa orang tua kebanyakan acuh kepada anaknya. Sehingga anak-anak memiliki dunia dan acuh kepada tanggung jawabnya. (b) Kebebasan kepada anak dalam segala hal baik berifkir, berencana dan mengambil keputusan. (c) Pola asuh indulgent orang tua memberikan kebiasaan yang sering dilakukan seperti bersedekah kepada pengemis dan orang yang membutuhkan. Pola Asuh authoritatif orang tua, yakni: (a) Orang tua selalu memberikan ruang anak untuk berkomunikasi dan sama-sama mengambil dan menyetujui keputuan. (b) Orang tua juga memberikan pandangan kepada anak untuk bagaimana berkomunikasi, memberikan bentuk kepedulian kepada orang lain juga bersikap kepada siapapun. (c) Orang tua menjelaskan bahwa komunikasi yang dibangun di keluarga adalah hal utama.. Pola Asuh authoritarian orang tua, yakni: (a) Orang tua memiliki peraturan untuk anak-anaknya. Orang tua memberikan penjelasan bahwa seluruh keputusan apapun itu diambil oleh orang tua baik sekolah, jodoh ataupun pekerjaan. (b) Orang tua menekanankan bahwa dia berhak untuk menentukan jalan hidup anaknya. Anak-anak cenderung tidak peduli sosial karena semua hal diputuskan oleh orang tua. Kata kunci: Pola Asuh, Orang tua dan Kepedulian sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:16
Last Modified: 09 Mar 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19804

Actions (login required)

View Item View Item