Upaya Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui gerak dan lagu pada kelompok B di Raudlotul Athfal Al Falah 1 WirowongsoAjung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Munawarah, Azizatul (2019) Upaya Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui gerak dan lagu pada kelompok B di Raudlotul Athfal Al Falah 1 WirowongsoAjung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Azizatul Munawarah_T201511032.pdf

Download (20MB)

Abstract

Salah satu perkembangan kemampuan anak usia dini adalah kemampuan motorik kasar, namun sesuai observasi yang dilakukan peneliti bahwa kemampuan motorik kasar kelompok B di RA Al-Falah 1 Wirowongso Ajung Jember dalam melaksanakan peningkatan kemampuan kasar hanya melalui senam anak soleh, bermain bola dan bermain bola basket. Sehingga anak anak merasa bosan dan malas untuk mengikuti pelaksanaan pembelajaran motorik kasar yang dilaksanakan guru. Maka dengan itu guru mengenalkan suatu kegiatan gerak dan lagu yang gunanya untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B di RA Al-Falah 1 Wirowongso Ajung kabupaten jember. Fokus penelitian yang diteliti diskripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan gerak dan lagu balonku dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di RA Al-Falah 1 Wirowongso Ajung tahun pelajaran 2018/2019?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran gerak dan lagu pelangi pada kelompok B di RA Al Falah 1 wirowongso-Ajung kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran gerak dan lagu balonku dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di RA Al-Falah 1 Wirowongso Ajung Kabupaten Jember, dan 2) Mendeskripsikan pelaksanaan gerak dan lagu pelangi dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada kelompok B di RA Al Falah 1 Wirowongso-Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non participant, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan : 1) Pelaksanaan gerak dan lagu balonku dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di RA Al-Falah 1 Wirowongso Ajung Jember menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan motorik kasar anak dalam melakukan gerak dan lagu balonku s sehingga upaya tersebut dapat menstimulasi kemampuan motorik kasar peserta didik meningkat sesuai dengan harapan yang tercantum dalam silabus pembelajaran. Yang awalnya anak didik masih belum berkembang tentang kemampuan motorik kasarnya dengan menggunakan metode gerak dan lagu ini anak memberikan suatu peningkatan didalam aspek perkembangan khususnya dalam kemampuan motorik kasarnya. 2) Pelaksanaan gerak dan lagu pelangi dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di RA Al-Falah 1 Wirowongso Ajung Jember, yaitu anak termotivasi dalam melaksanakan pembelajaran gerak dan lagu pelangi misalnya anak banyak bergerak dan menyanyi dengan gembira. Kata Kunci : anak usia dini, kemampuan motorik kasar, gerak dan lagu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:16
Last Modified: 09 Mar 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19805

Actions (login required)

View Item View Item