Konsep Konsumsi dalam Al-Qur’an (Telaah Tafsir al-Marāghī dan al-Misbah).

Ghafur, Abd (2016) Konsep Konsumsi dalam Al-Qur’an (Telaah Tafsir al-Marāghī dan al-Misbah). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abd Ghafur_08391334001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Konsumsi, Tafsir al-Marāghī, al-Misbah Konsumsi ( merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yaitu sandang, pangan dan papan. Jika dipandang secara khusus, maka sering kali konsumsi hanya terbatas pada pola makan dan minum. Namun, apabila cakupan konsumsi diperluaskan ditemukan konsep bahwa konsumsi merupakan segala aktifitas yang dilakukan untuk mendapatkan kepuasan atas penggunaan suatu produk sehingga mengurangi atau menghabiskan daya guna produk tersebut. Penelitian ini bertujuan : 1. Mendiskripsikan Prinsip Konsumsi dalam Tafsir al-Marāghī dan al-Misbah 2. Mendiskripsikan Karekteristik Konsumsi dalam Tafsir al-Marāghī dan al-Misbah Metode yang digunakan dalam penelitian ini, berdasarkan atas kajian pustaka atau literatur. Oleh karena itu Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research), yaitu penelitian yang berusaha menghimpun data dari khazanah literatur dan menjadikan dunia teks sebagai objek utama analisisnya. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Prinsip konsumsi dalam Tafsir al-Marāghī dan al-Misbah : a. Prinsip Halal, memerintahkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan baik dan melarang untuk mengkonsumsi barang haram. b. Prinsip Kebersihan, memerintahkan untuk mengkonsumsi barang yang baik dan bersih, dan melarang mengkonsumsi barang yang kotor. c. Prinsip Kesederhanaan, memerintahkan sederhana dalam konsumsi dan membelanjakan harta, serta tidak berlebihan dan tidak kikir. 2. Karekteristik konsumsi dalam Tafsir al-Marāghī dan alMisbah: Konsumsi dibatasi oleh sifat halal dan haram yang telah digariskan oleh Shara’.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:16
Last Modified: 09 Mar 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item