Pergaulan Perempuan dan Laki-laki dalam Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Jember (Tinjauan/Menurut Hukum Islam).

Purwanto, Edi (2017) Pergaulan Perempuan dan Laki-laki dalam Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Jember (Tinjauan/Menurut Hukum Islam). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Edi Purwanto_.083131024.pdf

Download (7MB)

Abstract

Era globalisasi dicirikan dengan adanya kemajuan-kemajuan tekhnologi, sehingga dapat mempengaruhi begitu kuat struktur ekonomi, politik, sosial budaya dan pendidikan. Hal tersebut dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Adapun dampak negatifnya yaitu sering terjadinya kekerasan, kriminalitas, dan moralitas yang terjadi dimana-mana. Oleh karena itu, harus selektif dan berusaha menyaring nilai-nilai dan sekaligus menanamkan nilai-nilai (moral) dan akhlak pada generasi muda untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan globalisasi. Fokus dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pola pergaulan perempuan dan laki-laki dalam kegiatan Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Jember. 2). Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pergaulan perempuan dan laki-laki dalam kegiatan Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pergaulan perempuan dan laki-laki dalam kegiatan Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Jember serta untuk mengetahui tinjauan Hukum Islam terhadap pergaulan perempuan dan laki-laki dalam kegiatan Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Kabupaten Jember. Metode penelitian, melibatkan beberapa komponen di antaranya pendekatan dan jenis penelitian. Jenis metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian berada di Perisai Diri Jember, sedangkan sumber data yang diperoleh dari pengumpulan-pengumpulan data dengan teknik interview, observasi partisipan dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan analisis data model interaksi Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian yang terakhir keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1). Relasi perempuan dan laki-laki dalam kegiatan keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri Jember terdapat pencampuran dalam satu tempat ruang, namun terdapat kecenderungan berkelompok dan dikelompokkan perempuan dengan perempuan atau laki dengan laki. 2). Relasi perempuan dan laki dalam kegiatan Keluarga Silat nasional Indonesia Perisai Diri Jember masih sesuai dengan batasan-batsan hukum Islam yaitu tempat kegiatan yang terbuka dan terang, pesilat menutup auratnya, susana kegiatan serius karena dalam pantauan pelatih. Dan adanya pemisahan lomba antara laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012899 Islamic Family Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:16
Last Modified: 09 Mar 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19807

Actions (login required)

View Item View Item