Motivasi Geng Motor Jacco Dalam Mengadakan Kegiatan Keagamaan Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Balung Jember Tahun 2016.

Faqih, Ahmad Nur (2017) Motivasi Geng Motor Jacco Dalam Mengadakan Kegiatan Keagamaan Sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Di Balung Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Nur Faqih_084 121 154.pdf

Download (3MB)

Abstract

Geng motor merupakan salah satu fenomena masalah sosial yang berhubungan erat dengan persoalan kesulitan remaja dalam melakukan adaptasi dengan modernisasi baik dari aspek kemunculannya, karakter anggotanya, maupun dari jenis kegiatannya, sehingga akan memunculkan masalah sosial dikalangan para remaja yang mengarah pada tindak kriminal dan kegiatan yang melanggar hukum. Hal ini sangat sangat kontras dengan geng motor Jacco yang ada di balung Jember, geng motor Jacco menjadikan wadah untuk berkumpulnya para pecinta motor dan bikers, agar terjalin hubungan persahabatan serta kekeluargaan di antara para anggotanya. dan mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Motivasi akan rasa cinta geng motor Jacco dalam mengadakan kegiatan keagamaan sebagai implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Balung Jember Tahun 2016?. 2) Bagaimana Motivasi aktualisasi diri geng motor Jacco dalam mengadakan kegiatan keagamaan sebagai implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Balung Jember Tahun 2016?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan motivasi akan rasa cinta geng motor Jacco dalam mengadakan kegiatan keagamaan sebagai implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Balung Jember Tahun 2016. 2) Untuk mendeskripsikan motivasi aktualisasi diri geng motor Jacco dalam mengadakan kegiatan keagamaan sebagai implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Balung Jember Tahun 2016. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi Sumber dan triangulasi Teknik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Motivasi akan rasa cinta geng motor Jacco dalam mengadakan kegiatan keagamaan sebagai implementasi nilai-nilai pendidikan agama islam adalah untuk menumbuhkan rasa solidaritas antar anggota dan membina hubungan yang baik dalam kehidupan masyarakat yang madani. Yaitu dalam menjalin ukhuah islamiyah sebagai bentuk implementasi dari nilai-nilai pendidikan agama islam. 2) Motivasi aktualisasi diri geng motor Jacco dalam mengadakan kegiatan keagamaan sebagai implementasi nilai-nilai pendidikan agama islam adalah untuk meningkatkan taraf spiritual mereka menjadi pribadi yang lebih bermoral dan lebih baik lagi. yakni pribadi yang berakhlakul karimah yang merupakan bentuk dari implementasi nilai-nilai pendidikan agama islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:17
Last Modified: 09 Mar 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19820

Actions (login required)

View Item View Item