Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Siswa Di SMP Alam Banyuwangi Islamic School (BIS) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017.

Syafaat, Hikmatusy (2016) Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Siswa Di SMP Alam Banyuwangi Islamic School (BIS) Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hikmatusy Syafaat_084 121 344.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya budaya membaca dikalangan pelajar pada saat ini utamanya membaca al-qur’an, agar budaya membaca dapat berkembang maka di setiap jenjang pendidikan diharapkan menanamkan pendidikan karakter gemar membaca. Peran guru sebagai teladan dan motivator dalam menanamkan pendidikan karakter menjadi faktor yang penting demi terbentuknya pelajar yang memiliki karakter gemar membaca alqur’an. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai teladan dalam menanamkan pendidikan karakter gemar membaca siswa di SMP Alam BIS Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam menanamkan pendidikan karakter gemar membaca siswa di SMP Alam BIS Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai teladan dalam menanamkan pendidikan karakter gemar membaca siswa di SMP Alam BIS Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai motivator dalam menanamkan pendidikan karakter gemar membaca siswa di SMP Alam BIS Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penentuan subyek data, penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Peran guru PAI sebagai teladan dalam menanamkan pendidikan karakter gemar membaca siswa telah dilakukan oleh guru PAI. Guru PAI memiliki karakteristik akidah, akhlak dan perilaku serta karakteristik professional yang harus dimiliki oleh setiap guru. Guru PAI mampu memberikan contoh nyata untuk senantiasa membiasakan membaca al-qur’an setiap hari, minimal setelah melaksanakan sholat dan ketika memiliki waktu luang. 2) Peran guru PAI sebagai motivator dalam menanamkan pendidikan karakter gemar membaca siswa dilakukan dengan memperjelas tujuan yang ingin dicapai dan menyampaikannya kepada siswa, membangkitkan minat siswa, memberikan pujian yang wajar, dan memberikan komentar. Hal tersebut telah memberikan dorongan bagi siswa untuk senantiasa membiasakan diri membaca al-qur’an setiap hari setelah melaksanakan sholat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:17
Last Modified: 09 Mar 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19821

Actions (login required)

View Item View Item