Tinjauan Hukum Islam terhadap Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Kehidupan Pernikahan Keluarga Disabilitas di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Riyanto, Ahmad (2017) Tinjauan Hukum Islam terhadap Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Kehidupan Pernikahan Keluarga Disabilitas di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Riyanto_083121087.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam Islam pernikahan merupakan sebagian dari ibadah, melaksanakan pernikahan berarti telah menyempurnakan sebagian agama. Hasrat untuk hidup bersama memang telah menjadi pembawaan manusia dan menjadi suatu keharusan badaniyah untuk melangsungkan hidup. Untuk mencapai tujuan perkawinan, agama mengatur hakhak dan kewajiban mereka sebagai suami istri. Dari latar belakang di atas maka fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana upaya pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri dalam kehidupan pernikahan pasangan disabilitas di kecamatan Ambulu kabupaten Jember? (2) Bagaimana peran dan strategi pasangan disabilitas terhadap keharmonisan rumah tangga? (3) Bagaimana pandangan tokoh agama dan tokoh masyarakat tentang pelaksanaan hak dan kewajiban pasangan disabilitas? (4) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban pasangan disabilitas? Tujuan dari penelitian ini meliputi (1) Untuk mendeskripsikan upaya pelaksanaan hak dan kewajiban pasangan disabilitas (2) Untuk mendeskripsikan peran dan strategi pasangan disabilitas terhadap keharmonisan rumah tangga (3) Untuk mendeskripsikan pandangan tokoh agama dan tokoh masyarakat tentang pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri pasangan disabilitas (4) Untuk mendeskripsikan tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban pasangan disabilitas. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualtitatif dengan jenis penelitian field research dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara/ interview dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa 1) upaya pelaksanaan hak dan kewajiban pasangan disabilitas di kecamatan Ambulu Jember memiliki sikap saling pengertian yang besar terhadap pasangannya, sikap mau menerima kondisi keterbatasan yang dimiliki oleh pasangan, saling memaafkan sangat dibutuhkan dalam sebuah keluarga dan saling menghargai saat pasangan berusaha untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam kehidupan rumah tangga. 2) peran dan strategi pasangan disabilitas terhadap keharmonisan rumah tangga apabila mereka tahu bagaimana menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi, mampu menyelasaikan konflik rumah tangga, mau berusaha untuk memenuhi hak dan kewajiban pasangan 3) pandangan tokoh masyarakat tentang pelaksanaan hak dan kewajiban pasangan disabilitas memiliki kelebihan berupa potensi yang dapat menunjang kehidupan mereka. Keluarga disabilitas telah mampu melakukan hak dan kewajiban mereka demi membahagiakan keluarganya. Dan menurut tokoh agama, keluarga disabilitas juga memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan pasangan yang memiliki kondisi normal. Mereka juga harus memenuhi kebutuhan keluarganya, memberikan nafkah lahir dan batin, serta saling menghormati dan menghargai pasangannya. 4) tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban pasangan disabilitas yaitu memperlakukan pasangannya dengan baik serta melakukan dan menjaga rumah tangganya agar tetap utuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:17
Last Modified: 09 Mar 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19823

Actions (login required)

View Item View Item