Kegiatan Muhadharah dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpidato Siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016.

Toro, Akhmad Shofian (2016) Kegiatan Muhadharah dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpidato Siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Akhmad Shofian Toro_084 111 188.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kegiatan untuk mengembangkan kecakapan komunikasi anak didik adalah dengan mengadakan pembinaan di sekolah, yaitu dengan mengadakan kegiatan Muhadharah dengan harapan anak didik nantinya akan terbiasa menghadapi situasi di depan publik ketika bermasyarakat. Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung adalah salah satu lembaga pendidikan yang berbasis Agama Islam yang lebih ditekankan pada pelajaran-pelajaran agama, serta adanyalatihan khusus di bidang ceramah, membaca Al-Qur’an, dan sebagainya. Pelajaran ini biasanya di praktekkan dalam suatu acara yang disebut Muhadharah. Muhadharah itu sendiri merupakan suatu kegiatan atau latihan pidato atau ceramah yang ditekankan pada skill siswa yang posisinya sebagai da’i dalam mengolah tata aturan atau segala hal yang terkait dalam proses kegiatan tersebut. Fokus penelitian yang digunakan adalah: 1). Bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016. 2). Bagaimana cara menumbuhkan kemampuan berpidato siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016. 3). Bagaimana kemampuan berpidato siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentangpelaksanaan kegiatan muhadharah di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Mendeskripsikan cara menumbuhkan kemampuan berpidato siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Dan mendeskripsikan kemampuan berpidato siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung kabupaten Jember Tahun Ajaran 2015/2016.. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling. Sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis datanya menggunakan teknik analisis data deskriptif kulitatif, dan keabsahan datanya menggunakan Triangulasi Sumber. Berdasarkan proses penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian dengan kesimpulan sebagai berikut:Pelaksanaan kegiatan muhadharah di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balungmasuk pada pelajaran muatan local yang dilaksanakan setiap hari kamis pada jam terakhir mata pelajaran antara pukul 12.00-13.20 Wib, yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi Madrasah Aliyah Baitul Arqom. Cara yang dilakukan guru untuk menumbuhkan kemampuan berpidato siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung yaitu dengan mmberikan motivasi, bimbingan dan arahan kepada para siswa yang mengikuti kegiatan terutama pada siswa yang mendapatkan tugas untuk berceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:17
Last Modified: 09 Mar 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19826

Actions (login required)

View Item View Item