Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa dari Narrative Text Melalui Running Story dengan Strategi Gambar di SMPN 6 Jember.

Susanti, Ifa Agustin (2020) Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa dari Narrative Text Melalui Running Story dengan Strategi Gambar di SMPN 6 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ifa Agustin Susanti_ T20156043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Memperbaiki, menjalankan cerita dengan gambar, membaca teks naratif. Keterampilan membaca kelas II SMP Negeri 6 Tahun Jember masih perlu perbaikan. Berdasarkan pengalaman guru dan hasilnya Dari studi pendahuluan, terungkap bahwa siswa sulit dalam cara meningkatkan kemampuan membaca teks naratif siswa kelas VIII SMP Negeri Sekolah 6 Jember dengan menggunakan Strategi Running Story with Picture.This research is classified as Classroom Action Research (CAR) of Kemmis and Taggart (1998). It consists of 4 stages, they are planning the action, implementing, observing and refecting. Cycle of this study consist of 2 cycles. Each cycle consist of 3 meetings. In planning, the researcher and collaborator prepare a lesson plan based on the observation in the preliminary study, which refers to the problem found inside it. Next, acting is the researcher as a practitioner who carries out the lesson plan in the class, while the collaborator plays as an observer. Then, observing is the process of recording and gathering data about any aspects or event that was happening in the teaching and learning process during the implementation of the action. The last is reflecting, in this phase, the researcher analysed the data and compare the criteria of success and the data or evidence exists. The criteria of individual success is aqual to or higher than 75. While the criteria of classical success is achieved when 95% of the students got the good criteria. The subjects of this research were 32 students of class VIII C of Junior High School 6 Jember.Setelah melakukan siklus 2, hasil penelitian ini menggunakan Strategi Runing Story dengan prosedur Gambar menunjukkan fakta bahwa siswa berhasil membaca teks naratif. Pada studi pendahuluan siswa mencapai skor 65%, di siswa siklus I mencapai skor 75% dan siswa siklus II mencapai skor dari 95%. Ada peningkatan 15% dari nilai siswa pada studi pendahuluan hingga skor rata-rata untuk siklus pertama, dan ada 30% skor rata-rata peningkatan dari nilai siswa pada studi pendahuluan sampai dengan siklus kedua. Strategi ini digunakan tidak hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga untuk latihan dan ulasan yang bermanfaat pelajaran bahasa, dan mengarah pada tujuan meningkatkan kemampuan membaca siswa pemahaman. Oleh karena itu, disarankan agar guru bahasa Inggris yang mendaftar Runing Story with Picture sebagai teknik alternatif dalam pengajaran membaca teks narasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:17
Last Modified: 09 Mar 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19827

Actions (login required)

View Item View Item