Memberikan Reward dan Punishment untuk Merangsang Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 7 di SMPN 1 Rambipuji di Tahun Pelajaran 2019/2020.

Tiyas, Indah Wahyuning (2020) Memberikan Reward dan Punishment untuk Merangsang Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 7 di SMPN 1 Rambipuji di Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Wahyuning Tiyas_T20156047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pemberian Reward dan Punishment untuk Merangsang Ketujuh Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas Di SMPN 1 Rambipuji Tahun 2019/2020 Tahun akademik. Kekurangan siswa kelas 7 SMPN 1 Rambipuji motivasi belajar bahasa inggris. Hal itu terlihat pada saat proses belajar mengajar, masih ada beberapa siswa yang sibuk dan berbicara dengan temannya. Di sana ada juga salah satu siswa yang mengatakan dia tidak terlalu suka belajar bahasa Inggris, karena itu rumit. Fokus penelitian yang dikaji dalam tesis ini, yaitu: 1) Cara memberi hadiah dan hukuman untuk merangsang siswa kelas 7 belajar bahasa Inggris motivasi di SMPN 1 Rambipuji tahun ajaran 2019/2020, 2) Apa pengaruh pemberian hadiah dan hukuman untuk merangsang bahasa Inggris siswa kelas 7 motivasi belajar di SMPN 1 Rambipuji tahun ajaran 2019/2020.Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana cara memberikan reward dan hukuman untuk merangsang motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas 7 di PT SMPN 1 Rambipuji tahun pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui efek dari pemberian hadiah dan hukuman untuk merangsang pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas 7 motivasi di SMPN 1 Rambipuji tahun pelajaran 2019/2020, Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif pendekatan dengan jenis studi penelitian lapangan. Mata pelajaran dipilih dengan menggunakan pengambilan sampel bertujuan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pemadatan, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru memberikan reward dan punishment kepada siswa ketika dia mengajar di kelas VII F. Penghargaan diberikan oleh guru ketika siswa menjawab pertanyaan dengan benar. Hukuman diberikan ketika siswa bisa tidak menjawab pertanyaan dan tidak mengerjakan tugasnya. a) hadiah diberikan di berupa tepuk tangan, pujian dan nilai tambah. b) hukuman diberikan kepada siswa berupa menyanyi di depan kelas dan pemberian tambahan tugas. c) Penghargaan dan hukuman diberikan kepada siswa oleh guru di rangka meningkatkan motivasi siswa. 2) Memiliki efek positif pada siswa kesinambungan pembelajaran yang meliputi: a) Motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, b) Siswa yang mendapat reward mampu mempertahankan keseriusan mereka terus belajar bahasa Inggris, c) Membuat siswa lain tidak malas lagi dalam belajar, d) Siswa yang mendapat hukuman akan termotivasi dalam belajar menjadi lebih baik dan lebih baik meningkatkan hasil belajar mereka seperti meningkatkan skor tugas dari hasil sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:18
Last Modified: 09 Mar 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19832

Actions (login required)

View Item View Item