mplementasi Strategi Giving Question and Getting Answer dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Bahasa di Madrasah Aliyah Negri (MAN) 1 Jember Tahun Ajaran 2015/2016.

Amina, Atik Nihayatus Sholeha (2016) mplementasi Strategi Giving Question and Getting Answer dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Bahasa di Madrasah Aliyah Negri (MAN) 1 Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Atik Nihayatus Sholeha Amina_084 121 097.pdf

Download (16MB)

Abstract

Pendidikan keagamaaan merupakan bagian terpadu yang dimuat dalam kurikulum pendidikan maupun melekat pada setiao mata pelajaran sebagai bagian dari pendidikan nilai. Oleh karena itu, nilai-nilai agama akan selalu memberikan corak kepada pendidikan nasional Penelitian in berusaha mengungkapkan permasalahan tentang pokok masalahnya, yaitu “Apakah dengan implementasi strategi Giving Question and Gatting Answer dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas XI Bahasa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember?” Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada implementasi strategi Giving Question and Getting Answer pada mata pelajaran SKI kelas XI Bahasa MAN 1 Jember. Selanjutnya penelitian ini menggunaakan pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. (PTK). Sumber datanya adalah informan yang mengetahui tentang penelitian ini, diantaranya adalah Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember, waka kurikulum Guru SKI serta perwakilan murid kelas XI Bahasa MAN 1 Jember. Metode penelitian menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes. Untuk menganalisa data menggunakan ketuntasan secara klasikal, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan keabsahan data menggunakan penarikan sejawat. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran SKI materi pengembangan kebudayaan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil peserta didik dan presentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal.Pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik adalah 65,30 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 15%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 74,70 dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 63%, pada siklus II nilai rata-rata peserta didik adalah 81,58 dengan presentase ketuntasan sebesar 84% dan pada siklus III nilai rata-rata peserta didik 82,64.menjadi dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 90%. Hasil tersebut menunjukan bahwametode Giving Question and Getting Answer tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Bahasa MAN 1 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:18
Last Modified: 09 Mar 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19837

Actions (login required)

View Item View Item