Kebijakan Pendidikan Pesantren Dalam Sistem Kenaikan Kelas Dengan Prasyarat Madrasah Diniyah Pada Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin Ketang Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016 (Studi Kasus Pesantren Riyadlus Sholihin)

Cahyono, Dedi (2016) Kebijakan Pendidikan Pesantren Dalam Sistem Kenaikan Kelas Dengan Prasyarat Madrasah Diniyah Pada Madrasah Aliyah Riyadlus Sholihin Ketang Probolinggo Tahun Pelajaran 2015/2016 (Studi Kasus Pesantren Riyadlus Sholihin). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dedi Cahyono_084 121 429.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada periode ini pesantren menerapkan kebijkan sistem kenaikan kelas pada madrasah aliyah dengan prasyarat madrasah diniyah, maksud dari kebijakan tersebuta adalah agar siswa tidak hanya mempreoritaskan pendidikan madrasah aliyahnya. Maksud dari adanya kebijakan tersebut agar siswa tidak hanya memperioritaskan pendidikan aliyahny, karna fakta dilapangan seperti itu. Sebelum adanya pendidikan madrasah aliyah, pendidikan diniyah sangat bagus dalam segi pembelajarannya. Dampak dari hal tersebut membuat peserta didik harus mampu menguasi pelajaran baik itu umum maupun agamanya. Adapun masalah yang akan diteliti adalah: 1) Bagaimanaperan kebijakan pendidikan pesantren dalam sistem kenaikan kelas madrasah aliyah riyadlus sholihin ketapang probolinggo tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimanaperan kebijakan pendidikan pesantren dalam sistem kenaikan kelas madrasah diniyah riyadlus sholihin ketapang probolinggo tahun pelajaran 2015/2016? Adapun tujuan umum dilakukan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kebijakan pendidikan pesantren dalam system kenaikan kelas madrasah aliyah riyadlus sholihin ketapang probolinggo tahun pelajaran 2015/2016?,2) Untuk mendeskripsikan kebijakan pendidikan pesantren dalam system kenaikan kelas madrasah diniyah riyadlus sholihin ketapang probolinggo tahun pelajaran 2015/2016? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan penentuan subyek menggunakan teknik Purposif Sampling (sampling bertujuan). Pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif, dan validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian: 1) kebijakan pendidikan pesantren dalam system kenaikan kelas sudah berjalan sesuai harapan, namun hanya perlu peningkatan lagi guna sejalanya pendidikan yang sudah modern. 2) kebijakan pendidikan pesantren dalam sistem kenaikan kelas dengan prasyarat madrasah diniyah sangat lah membatu untuk mengimbangi pendidikan keagamaanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:20
Last Modified: 09 Mar 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19841

Actions (login required)

View Item View Item