Peran Ekstrakurikuler Perisai Diri Dalam Menunjang Pembentukan Akhlak siswa SDN Kebonsari 4 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Ridallah, Dina (2016) Peran Ekstrakurikuler Perisai Diri Dalam Menunjang Pembentukan Akhlak siswa SDN Kebonsari 4 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dina Ridallah_084 121 405.pdf

Download (10MB)

Abstract

Di era globalisasi yang dicirikan dengan adanya kemajuan-kemajuan tekhnologi sehingga dapat mempengaruhi begitu kuat struktur ekonomi, politik, sosial budaya dan pendidikan. Hal tersebut dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Adapun dampak negatifnya yaitu sering terjadinya kekerasan dan kriminalitas yang terjadi dimana-mana. Oleh karena itu, kita harus selektif dan berusaha menyaring nilai-nilai dan sekaligus menanamkan nilai-nilai (moral) dan akhlak pada generasi muda kita untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan globalisasi. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peran ekstrakurikuler perisai diri dalam menunjang pembentukan akhlak siswa terhadap Allah, akhlak siswa terhadap sesama, akhlak siswa terhadap lingkungan/alam di SDN Kebonsari 4 Jember tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran ekstrakurikuler perisai diri dalam menunjang pembentukan akhlak siswa terhadap Allah, akhlak siswa terhadap sesama serta akhlak siswa terhadap lingkungan/alam di SDN Kebonsari 4 Jember tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian melibatkan beberapa komponen diantaranya pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian berada di SDN Kebonsari 4 Jember, sedangkan sumber data yang diperoleh dari pengumpulan-pengumpulan data dengan teknik interview, observasi non partisipan dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan analisis data model interaksi Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian yang terakhir keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1). Ekstrakurikuler perisai diri di SDN Kebonsari 4 Jember dapat menunjang pembentukan akhlak siswa kepada Allah melalui pembiasaan hening atau do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum memulai proses latihan. 2). Di SDN Kebonsari 4 Jember kegiatan proses latihan ekstrakurikuler perisai diri untuk menunjang pembentukan akhlak siswa kepada sesama yaitu dengan dilakukannya pembiasaan hormat bunga sepasang (sebutan hormat dalam perisai diri) setelah melaksanakan hening, serta berjabat tangan (salaman) sebelum mengakhiri proses latihan. 3). Dalam membentuk akhlak siswa terhadap lingkungan/alam di SDN Kebonsari 4 Jember slogan-sogan yang ada di sekolah diterapkan dalam kegiatan latihan ekstrakurikuler perisai diri. Serta pelatih sering-sering mengingatkan dan menghimbau dengan tegas bahwa semua yang ada di sekolah adalah milik siswa maka lindungilah dan rawatlah dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:20
Last Modified: 09 Mar 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19843

Actions (login required)

View Item View Item