Abdullah, Fadil (2016) kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Fadil Abdullah_084 103 078.pdf Download (32MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan jaman yang terus berubah menuju kearah kemajuan, dalam era persaingan yang semakin bebas seperti saat ini, lembaga pendidikan dituntut untuk memberikan kualitas pendidikan yang bermutu kerana pendidikan yang kurang bermutu lama kelamaan akan di tinggalkan oleh masyarakat dan tersingkir dengan sendirinya. Mutu pendidikan menjadi sorotan terutama terkait dengan kualitas output suatu lembaga sekolah, hal ini dipicu oleh adanya kebijakan pemerintahan menaikan standar minimal nilai kelulusan siswa baik SD, SMP maupun SMA yang dari tahun ketahun meningkat, disamping itu untuk mengantisipasi hal tersebut orang tua/masyarakat cenderung menyekolahkan anaknya kesekolah yang bermutu, yakni mempunyai keunggulan-keunggulan atau presetasi baik akademik maupun non akademik. Dalam kaitannya dengan mutu pendidikan kepala sekolah mempunyai peran dan tugas yang sangat penting. Karena hal ini dikarenakan kepala sekolah sebagai seorang pemimpin merupakan salah satu faktor yang mendorong bagi kemajuan pendidikan. Artinya kepala sekolah dituntut harus mempunyai kemampuan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang sekiranya relevan dengan tuntutan jaman demi tercapainya kualitas pendidikan. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukannya strategi dan peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Umbulsari, terkait hal itu, maka permaslahan yang akan diangkat dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Umbulsari Jember ? 2) bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai administrator dan supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Umbulsari Jember ? 3) bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Umbulsari Jember ? Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumenter. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini. kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu: 1) sratetegi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan meliputi: menambah jam pelajaran, meningkatkan mutu pembelajaran, membentuk kelas unggulan, menambahkan bimbingan belajar. 2) peran kepala madrasah sebagai supervisor dan administrator yaitu a) kepala madrasah sebagai administrator nmeliputi: pengelolaan kesiswaan, pengelolaan pengajaran, pengelolaan kepegawain, pengelolaan keuangan, digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix pengelolaan sarpras. b) kepala madrasah sebagai supervisor meliputi: membantu staff dalam menyusun program, mempertinggi kecakapan dan keterampilan mengajar, mengadakan evaluasi. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu: a) faktor pendukung meliputi: adanya kebersamaan, kualitas profesionalisme guru. b) faktor penghambat meliputu: kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang berbeda, peran serta mayarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 07:20 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 07:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19849 |
Actions (login required)
View Item |