Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Sultan Agung Kasiyan Puger Tahun Pelajaran 2016/2017.

Azizi, Faiz (2017) Pelaksanaan Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Sultan Agung Kasiyan Puger Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faiz Azizi_0849115003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pelakasanaan Supervisi Akademik, Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Supervisi akademik terhadap guru merupakan salah satu program kepala sekolah guna meningkatkan kualitas pendidikan terutama yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru, esensial supervisi akademik adalah membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Kepala sekolah adalah tenaga pendidik yang diberi tugas tambahan untuk memimpin sebuah institusi, termasuk di dalamnya membantu para pendidik untuk menguasai dan menerapkan kompetensi guru melalui jabatan supervisor yang melekat pada dirinya. Berkaitan dengan ini, maka di tentukan fokus penelitian 1. Bagaimana perencanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Sultan Agung Kasiyan Puger. 2. Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Sultan Agung Kasiyan Puger dan 3. Bagaimana evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Sultan Agung Kasiyan Puger. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1. Perencanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Sultan Agung Kasiyan Puger. 2. Pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Sultan Agung Kasiyan Puger dan 3. Evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Sultan Agung Kasiyan Puger. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Obsevasi, interview dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan, 1. Perencanaan program supervisi penyusunannya dilakukan pada awal tahun pelajaran dan diumumkan kepada semua guru, 2. Pelaksanaan supervisi akademik di lakukan dengan menggunakan pendekatan direktif/langsung dan teknik yang dilakukan secara individu melalui kunjungan kelas, pertemuan individu dan kelompok melalui rapat dan pelatihan, 3. Evaluasi dan tindak lanjut supervisi akademik dilakukan dengan evaluasi hasil supervisi dengan pantuan kepala sekolah dan tindak lanjut dilakukan dengan pembinaan, MGMP, catatan kepala sekolah, pertemuan individu dan pengharggan kepada guru yang telah disupervisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:20
Last Modified: 09 Mar 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19851

Actions (login required)

View Item View Item