Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI Siswa Di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember.

Jamila, Faridatul (2016) Manajemen Kurikulum dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI Siswa Di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faridatul Jamila_084 113 051.pdf

Download (6MB)

Abstract

Manajemen memiliki peran penting dalam kemajuan organisasi. Manajemen merupakan sebuah pengelolaan usaha, kepengurusan, ketatalaksanaan, penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya alam secara efektif untuk mencapai sasaran organisasi yang diinginkan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan. kurikulum memiliki peranan penting karena kurikulum sebagai rancangan segala kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi adalah 1) Bagaimana perencanaan kurikulum dalam peningkatan hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember 2015/2016? 2) Bagaimana pengorganisasian kurikulum dalam peningkatan hasil belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember 2015/2016? 3) Bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam peningkatan hasil belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember 2015/2016? 4) Bagaimana evaluasi kurikulum dalam peningkatan hasil belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan kurikulum dalam peningkatan hasil belajar PAI siswa di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember 2015/2016; 2) Mendeskripsikan pengorganisasian kurikulum dalam peningkatan hasil belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember 2015/2016; 3) Mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum dalam peningkatan hasil belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember 2015/2016; 4) Mendeskripsikan evaluasi kurikulum dalam peningkatan hasil belajar PAI Siswa di SMP Negeri 2 Panti Kabupaten Jember 2015/2016 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Perencanaan kurikulum mengajak semua kalangan yang berkompeten untuk merumuskan kurikulum, dengan melibatkan beberapa pembahasan: merumuskan tujuan kurikulum, menyusun kalender pendidikan, memilih materi pelajaran, struktur kurikulum dan pengaturan beban belajar;2) Pengorganisasian kurikulum melakukan pembagian tugas-tugas yang dilakukan kepala sekolah dengan melakukan pembentukan tim pengembangan kurikulum KTSP; 3) Pelaksanaan kurikulum mengacu pada kurikulum Nasional, kurikulum sekolah diaplikasikan ke dalam kelas; 4) Evaluasi kurikulum telah menerapkan beberapa langkah yang dilaksanakan yaitu: evaluasi awal, evaluasi perbaikan program, memutuskan atau melanjutkan program, melakukan evaluasi jangka panjang program kurikulum untuk kurun waktu yang lama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:25
Last Modified: 09 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19855

Actions (login required)

View Item View Item