Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreatifitas Siswa di MTs Al-Azhar Tegal Besar Kali wates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Zakaria, Mohammad (2016) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreatifitas Siswa di MTs Al-Azhar Tegal Besar Kali wates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Zakaria_084 114 018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor penting dalam mengembangkan kreativitas siswa adalah para guru yang sehari-harinya bekerja di lapangan, sebab betapapun bagusnya sebuah kurikulum, hasilnya sangat bergantung pada upaya yang dilakukan guru di dalam maupun di luar kelas. Karena itu berkembang tidaknya kreatifitas siswa sejatinya sangat ditentukan oleh kompetensi dan upaya para guru yang terlibat langsung dalam proses pendidikan. Pengembangan kreativitas siswa tersebut harus dilakukan secara sistematis dan terpadu menyangkut aspek kognitif, afektif maupun psikomotoriknya. Para guru di MTs Al-Azhar Kali wates Jember, telah mendapat intruksi dari kepala madrasah untuk mengembangkan kreatifitas siswa. Intruksi kepala madrasah tersebut telah ditindak lanjuti para guru dengan melakukan upaya-upaya pengembangan kreativitas siswa. Fokus penelitian ini secara umum adalah bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kreativitas siswa di MTs Al-Azhar Kali wates Jember tahun pelajaran 2015/2016 ? Dan secara khusus, (1) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kreativitas siswa aspek kognitif di MTs Al-Azhar Kali wates Jember tahun pelajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kreativitas siswa aspek afektif di MTs Al-Azhar Kali wates Jember tahun pelajaran 2015/2016 ? (3) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kreativitas siswa aspek psikomotorik di MTs Al-Azhar Kali wates Jember tahun pelajaran 2015/2016 ? Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam mengembangkan kreativitas siswa, baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik di MTs Al-Azhar Kali wates Jember tahun pelajaran 2015/2016 Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena itu data yang diperlukan akan dikumpulkan melalui observasi, intervieu dan dokumenter. Sementara untuk memperoleh data yang valid, digunakan uji keabsahan data dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber, kemudian data yang terkumpul akan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik reflektif thinking. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan kreativitas siswa di MTs Al-Azhar Kali wates Jember tahun pelajaran 2015/2016 adalah dilakukan dengan berbagai cara, antara lain berusaha memahami secara utuh kebutuhan dasar siswa, melatih kemampuan siswa untuk berfikir lancar, luwes, orisinal dan solutif, meningkatkan motivasi belajar dan kedisiplinan siswa, mengelola kelas yang kondusif serta menerapkan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:25
Last Modified: 09 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19858

Actions (login required)

View Item View Item