Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Spiritual Quotient dengan Boarding School di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Ibnu Sina Wuluhan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Insiyah, Fitrotul (2016) Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Spiritual Quotient dengan Boarding School di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Ibnu Sina Wuluhan Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitrotul Insiyah_083123091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Manajemen peserta didik termasuk salah satu substansi manjemen yang menduduki posisi strategis karena merupakan sentral layanan pendidikan. Tak heran jika segala kegiatan diprogramkan untuk kepentingan peserta didik, salah satunya di SMPIT Ibnu Sina kecamatan Wuluhan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient dengan boarding school di SMPIT Ibnu Sina Kecamatan Wuluhan Kabuaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana pembinaan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient dengan boarding school di SMPIT Ibnu Sina Kecamatan Wuluhan Kabuaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana pengawasan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient dengan boarding school di SMPIT Ibnu Sina Kecamatan Wuluhan Kabuaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pembinaan dan pengawasan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient dengan boarding school di SMPIT Ibnu Sina kecamatan Wuluhan kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan peserta didik di SMPIT Ibnu Sina, dilakukan dengan merumuskan program terlebih dahulu selanjutnya dicari prioritas yang utama dengan berbagai pertimbangan dengan mengevaluasi dari tahun sebelumnya; 2) Pembinaan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient di SMPIT Ibnu SinaWuluhan melalui layanan boarding school yang di dalamnya dibina dengan berbagai kegiatan keagamaan, potensi mereka juga dibina melalui kegiatan intra dan ekstra; 3) Pengawasan peserta didik dalam meningkatkan spiritual quotient di SMPIT Ibnu Sina Wuluhan dengan pengawasan setiap hari atau yang lebih sering disebut pengawasan melekat yang dilakukan langsung oleh kepala sekolah dilaksanakan melalui beberapa program. Pertama dengan boarding school karena dengan boarding school peserta didik lebih mudah dikontrol yang kedua dengan buku penilaian diri yang diisi peserta didik sendiri berisi kegiatan-kegiatan yang ditetapkan sekolah, pengawasan ketiga dengan sms orang tua, karena orang tua juga mempunyai peranan penting dalam pengawasan terhadap anak,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:25
Last Modified: 09 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19860

Actions (login required)

View Item View Item