Potret Pelayanan Publik Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) di wilayah kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.

Wijaya, Muhamad Faisal (2017) Potret Pelayanan Publik Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) di wilayah kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhamad Faisal Wijaya_083131025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini memotret tentang pelayanan publik yang dilakukan oleh pembantu pegawai pencatat nikah (P3N) di wilayah kerja Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Setelah keluarnya Instruksi No. DJ.II/113/2009 Tentang Penggunaan Dana PNPB-NR dan Penataan Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N). keberadaan P3N tidak di perpanjang lagi masa tugasnya dan secara legal lepas dari naungan kemenag Kabupaten/Kota sehingga sejak berlakunya instruksi tersebut hingga sekarang keberadaan P3N di SK oleh kepala desa yang mewilayahi dengan jabatan sebagai pembantu kepala urusan kesejahtraan rakyat dan sebagai Pembantu Pegawai Pencatat Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Wuluhan. Sehingga Tugas,fungsi dan peranan P3N tidak seperti dahulu yang hanya membantu PPN dalam pencatatan nikah tetapi sekrang perananya lebih fungsional. Adapun hal yang ingin diketahui dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan tugas pembantu pegawai pencatat nikah (P3N) di wilayah kerja KUA wuluhan 2) faktor-faktor yang menjadi pengaruh dalam menjalankan tugas dan 3) Bagaimana pandangan masyarakat Kecamatan Wuluhan terhadap kinerja P3N. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelayanan publik yang dilakukan oleh P3N yang meliputi pelaksanaan tugas, faktor yang mempengaruhi dalam menjalankan tugas serta pandangan masyarakat kecamatan wuluhan terhadap kinerja P3N. Selanjutnya Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan wuluhan, pegawai pencatatan nikah (kepenghuluan), Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N), kepala urusan kesejahtraan rakyat dan masyarakat yang merupakan objek pelayanan P3N. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan Bahwa: 1) Dari sekian tugas yang diberikan, baik pencatatan nikah, sosial keagamaan dan kesejahtraan rakyat, secara keseluruhan P3N mampu melaksanakanya dengan baik. Pelaksanaan program secara utuh dilakoninya pada bidang pencatatan nikah yang meliputi penerimaan kehendak nikah, pemeriksaan dan pelaporan kehendak nikah kepada KUA, selanjutnya pada bidang sosial kegamaan program kerja yang konsisten di laksanakan P3N pada program penyuluhan Agama dan ziswaf karna kedua program itulah yang pelaksanaanya lebih di butuhkan masyarakat dan mudah pelaksanaanya, kemudian pada program bidang kesejahtraan rakyat P3N hanya di wenagkan secara khusus membantu pada program kematian dan kesehatan masyarakat, hal demkian karna P3N dianggap mampu dan memumpuni di bidang tersebut. Dan pada pelaksanaan tugas yang ada P3N telah melaksanakan sesuai digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id— —digilib.iain-jember digilib.iain-jember.a.ac.id c.id dengan standar pelayanan dan pencapaian kinerja yang ada. 2) Dalam menjalankan tugas, P3N merasakan ada berbagai faktor yang mendukung dan menghambatnya : Faktor pendukung antaralain : motivasi, kepemimpinan dan kompensasi, sedangkan Faktor penghambat : pemalsuan data dan masyarakat yang sukar di kondisikan. 3) Masyarakat memandang bahwa kinerja P3N sudah sesuai dengan dimensi pelayanan yang baik: Tangibles, P3N mampu memberikan layanan sesuai dengan kopetensinya, Realibility P3N mampu memberikan pelayanan cepat dan tepat, Responsiveness P3N mampu merespon kebutuhan masyarakat, Assurance P3N memberikan layanan dengan memperhatikan etika dan kesopansantunan, Emphathy P3N mempunyai jiwa kepedulian terhadap kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012825 Kesepakatan Pranikah (Prenuptial Agreement)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:26
Last Modified: 09 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19862

Actions (login required)

View Item View Item