Pembinaan Akhlakul Karimah Melalui Metode Beyond Center And Circle Time Pada Anak Usia Pra Sekolah di Taman KanakKanak Aisyiyyah Bustanl Athfal (ABA 4) Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Sabrina, Iftita (2016) Pembinaan Akhlakul Karimah Melalui Metode Beyond Center And Circle Time Pada Anak Usia Pra Sekolah di Taman KanakKanak Aisyiyyah Bustanl Athfal (ABA 4) Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iftita Sabrina_084 111 111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembinaan pendidikan akhlak merupakan salah satu hak anak, akhlak anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan dimana ia hidup, khususnya di masa-masa awal pendidikan dan pembinaan anak dalam keluarga. Pada awalnya anak mendapat pengaruh dari orang-orang yang ada di sekitarnya. Ketika anak telah berusia empat atau lima tahun dan mulai memasuki dunia pendidikan atau TK, anak mulai mengenal lingkungan baru. Dalam lingkungan ini anak mulai bergaul dengan teman sebayanya dan para pendidiknya. Dengan demikian tugas terpenting bagi seorang guru ialah senantiasa dalam membina akhlak mereka, serta membimbing agar tujuan utama mereka dalam menuntut ilmu adalah mendekattkan diri kepada Allah SWT. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembinaan akhlak kepada Allah melalui metode BCCT pada anak usia pra sekolah tahun pelajaran 2015/2016?. 2) Bagaimana pembinaan akhlak kepada sesama melalui metode BCCT pada anak usia pra sekolah tahun pelajaran 2015/2016?. 3) Bagaimana pembinaan akhlak kepada alam melalui metode BCCT pada anak usia pra sekolah tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mendeskripsikan pembinaan akhlak kepada Allah melalui metode BCCT pada anak usia pra sekolah tahun pelajaran 2015/2016. 2). Mendeskripsikan pembinaan akhlak kepada sesama melalui metode BCCT pada anak usia pra sekolah tahun pelajaran 2015/2016. 3). Mendeskripsikan pembinaan akhlak kepada alam melalui metode BCCT pada anak usia pra sekolah tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penetian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian, menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Hasil penelitian ini menyimpulkan 1) pembinaan akhlak kepada Allah melalui metode BCCT pada anak usia pra sekolah yakni dengan memberikan materi pembiasaan yang berkait dengan akhlakul karimah, seperti: pembacaan surat-surat pendek dan pembacaan doa-doa beserta dengan artinya dan pembacaan rukun islam dan rukun iman. 2) pembinaan akhlak pembinaan akhlak kepada sesama melalui metode BCCT pada anak usia pra sekolah yakni dengan membimbing anak dengan membiasakan diri agar menghormati yang lebih tua dan menyayangi pada yang lebih muda, taat kepada guru dan kepada kedua orang tua, mengucap salam dan bersalaman setiap akan berangkat dan pulang sekolah, dan ketika bertemu dengan guru. 3) pembinaan akhlak pembinaan akhlak kepada alam melalui metode BCCT pada anak usia pra sekolah yakni dengan menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:26
Last Modified: 09 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19865

Actions (login required)

View Item View Item