Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di SMP Nuris Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Jannah, Ilal (2016) Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di SMP Nuris Antirogo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ilal Jannah_084123013.pdf

Download (63MB)

Abstract

Bimbingan dan konseling merupakan salah satu kegiatan yang bersumber pada kehidupan manusia dan tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan. Fungsi bimbingan dalam pendidikan untuk mengembangkan potensi atau keunikan individu. Melalui pendidikan, individu memiliki peluang untuk mengembangkan dirinya secara optimal. Dalam kegiatan belajar dapat timbul berbagai masalah baik bagi pelajar itu sendiri maupun bagi pengajar. Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini ialah 1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di Smp Nuris Antirogo Kabupaten Jember ? 2) Bagaimana Pengorganisasian Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di Smp Nuris Antirogo Kabupaten Jember ? 3) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di Smp Nuris Antirogo Kabupaten Jember ? 4) Bagaimana Evaluasi Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di Smp Nuris Antirogo Kabupaten Jember ? Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, serta evaluasi di dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa di Smp Nuris Antirogo Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun metode antara lain : Metode observasi, Interview, dan Dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah 1) Reduksi data 2) Penyajian data 3) Penarikan kesimmpulan. Dan keabsahan data yang digunakan oleh peneliti ialah Trianggulasi Sumber. Berdasarkan pengumpulan data di atas dapat disimpulkan sebagai bentuk : 1) Perencanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah belajar siswa di SMP Nuris Kecamatan Antirogo Jember yaitu direncanakan dengan bermusyawarah dan kerjasama antara guru, guru bimbingan dan konseling dan kepala sekolah. 2) Pengorganisasian layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah belajar siswa yaitu dengan menyediakan panitia khusus yang dimaksudkan agar perencanaan yang akan dilaksanakan dapat berlangsung secara baik. Panitia mempunyai hak untuk mengatur jalannya acara. 3) Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah belajar siswa di SMP Nuris Kecamatan Antirogo Jember yaitu dilaksanakan setiap setahun sekali misalnya dalam layanan pengadaan sarana dan prasarana. Pelaksanaan layanan bimbingan dalam pembelajaran dilakukan setiap waktu di dalam kelas oleh wali kelas atau guru yang sedang bertugas. 4) Evaluasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah belajar siswa yaitu dilaksanakan pada akhir semester di dalam proses pebelajaran. Dan bagi siswa bermasalah dilakukan penindak lanjutan terhadap masalah yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:31
Last Modified: 09 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19868

Actions (login required)

View Item View Item