Motivasi Jamaah Pada Kajian Rutin Kitab Riyadhus Shalihin oleh Habib Muhdor Al Hamid di Masjid Riyadhus Shalihin Tanggul Jember Tahun 2016.

Musthofa, Jabbar (2016) Motivasi Jamaah Pada Kajian Rutin Kitab Riyadhus Shalihin oleh Habib Muhdor Al Hamid di Masjid Riyadhus Shalihin Tanggul Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jabbar Musthofa_084 121 184.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai rasa kepedulian umat muslim terhadap masyarakat, melalui eksistensi masjid dilingkungan masyarakat tanggul, yaitu dengan melaksanakan kajian keilmuan melalui sarana masjid sehingga memberikan nuansa islami serta pengaruh terhadap peningkatan moral dan perilaku di kehidupan masyarakat. Sebab pengajian merupakan kelompok dari masyarakat yang berarti milik masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu hakekat dari kegiatan atau aktivitas pengajian itu sendiri merupakan pembangunan nilai-nilai agama. Adapun adanya suatu kajian bersifat pendidikan kepada umum. Sedangkan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana motivasi sosial jamaah masjid dalam kajian rutin Kitab Riyadhus Shalihin Oleh Habib Muhdlor Al Hamid Di Masjid Riyadhus Shalihin Tanggul Jember? (2) Bagaimana motivasi aktualisasi diri jamaah masjid dalam kajian rutin Kitab Riyadhus Shalihin Oleh Habib Muhdlor Al Hamid Di Masjid Riyadhus Shalihin Tanggul Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi sosial jamaah dan juga motivasi aktualisasi diri jamaah di masjid Riyadhus Shalihin Tanggul Jember. Dan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Reseach-fenomenologi. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa di Masjid Riyadhus Shalihin Tanggul Jember terdapat sebuah motivasi atau dorongan diri dari jamaah yang menyangkut dua aspek (1) Motivasi sosial yaitu yang datangnya dari kesadaran masyarakat sendiri. sehingga melalui kajian rutin kitab Riyadhus Shalihin melahirkan rasa kebersamaan dan kesatuan yang kokoh dalam kehidupan masyarakat yang madani. Yaitu dalam menjunjung tinggi norma-norma agama dan memang merupakan cerminan dari kepribadian dalam isi kajian kitab Riyadhus Shalihin. (2) tumbuhknya rasa kenyamanan, rasa memiliki, rasa kekeluargaan dan rasa melindungi dilingkungan Masjid Riyadhus Shalihin yang mendapat dukungan dari segala pihak sehingga terciptalah dorongan dan keinginan dari diri jamaah untuk meningkatkan ketakwaan dari sebuah bimbingan yang secara intensif diikuti melalui kajian, dari hal tersebut bisa terbukti secara keaktualisasiannya yang di lakukan oleh para jamaah dalam kesehariannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:31
Last Modified: 09 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19871

Actions (login required)

View Item View Item