Strategi Bersaing Usaha Potong Ternak (studi kasus RPH Jagal Syari’ah kecamatan pesanggaran kabupaten banyuwangi)

Rosyidi, Laily Hidayati (2017) Strategi Bersaing Usaha Potong Ternak (studi kasus RPH Jagal Syari’ah kecamatan pesanggaran kabupaten banyuwangi). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laily Hidayati Rosyidi_0839215006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Strategi Bersaing, RPH Usaha RPH Jagal Syari’ah adalah usaha yang dalam kegiatannya fokus pada pemotongan hewan yang bertujuan untuk melayani permintaan masyarakat di desa Pesanggaran kabupaten Banyuwangi. Dalam menjalankan usahanya RPH Jagal Syari’ah bukanlah satun-satunya RPH Yang ada di kecamatan Pesanggaran melainkan banyak sekali usaha RPH yang sejenis yang juga mempunyai tujuan yang sama. Maka dari itu penting bagi RPH Jagal Syari’ah membuat strategi yang bertujuan untuk melindungi diri sendiri dengan sebaik-baiknya terhadap tekanan dan persaingan dan juga menjadi unggul. Melihat fenomena ini, penulis tertarik lebih lanjut untuk menganalisa dengan mengacu pada fokus penelitian sebagai berikut: Bagaimana proses kegiatan RPH Jagal Syari’ah kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi?, Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara usaha RPH Jagal Syari’ah dengan RPH Konvensional?, Dan bagaimana Strategi bersaing RPH Jagal Syari’ah kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Data yang didapat dianalysa dengan metode deskriptif. Kebsahan data menggunakan tekhnik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses kegiatan RPH Jagal Syari’ah kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi dilakukan dengan sangat hati-hati dengan memegang teguh pada aturan hokum Islam dalam menyembelih binatang. (2) terdapat perbedaan yang sighnifikan dalam hal praktek usaha yang dijalankan RPH Jagal Syari’ah dengan RPH Konvensional. (3). Strategi bersaing yang dipakai RPH Jagal Syari’ah adalah dengan pendekatan analysis Internal dan eksternal. Analysis internal meliputi: sumberdaya fisik, keuangan, tekhnologi, SDM, reputasi dan organisasi sudah sangat baik. Begitu juga analysis Eksternal meliputi kepemimpinan harga, diferensiasi dan strategi focus juga sudah sangat baik dan mampu untuk bersaing secara sehat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:32
Last Modified: 09 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19872

Actions (login required)

View Item View Item