Akurasi Digital Falak Dalam Aplikasi Android untuk Menentukan Arah Kiblat (Kajian Aplikasi Android Temuan Ahmad Ma’ruf Tolhah).

Halim, Nur (2017) Akurasi Digital Falak Dalam Aplikasi Android untuk Menentukan Arah Kiblat (Kajian Aplikasi Android Temuan Ahmad Ma’ruf Tolhah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Halim_083 131 028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Android adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi smartphone untuk memenuhi kebutuhan manusia banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dalam menentukanarah kiblat. Namun perlu diperhatikan perancangan aplikasi-aplikasi kompas arah kiblat yang sudah banyak beredar saat ini perlu dikaji ulang hasil perhitungan, karena kebanyakan dalam aplikasi-aplikasi yang beredar hanya berpatokan pada kompas biasa, padahal dalam penentuan arah kiblat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan semisal, bayangan matahari pada jam dan bulan yang selalu bergeser dan lain-lain. Aplikasi Digital Falak merupakan aplikasi penentuan arah kiblat, namun aplikasi ini berbeda dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang telah banyak beredar, aplikasi ini dibuat oleh ahli falak dari kalangan pesantren yakni Ahmad Tholhah Ma’ruf sehingga perhitungan didalamnya juga memperhatikan tentang hukum dari sisi fiqhnya sehingga tidak hanya menghasilkan arah utara saja yang tanpa dasar hukum Merujuk pada latar belakang tersebut penulis merumuskan beberapa rumusan masalah pertama, bagaimana sistem kerja penentuan arah kiblat dalam aplikasi android Digital Falak? Kedua, bagaimana tingkat akurasi penentuan arah kiblat dalam aplikasi Digital Falak? Tujuan penelitian ini antara lain adalah: 1. Untuk mendeskripsikan sistem kerja penentuan arah kiblat dala aplikasi android Digital Falak, 2. Untuk mendeskripsikan tingkat akurasi penentuan arah kiblat dalam aplikasi Digital Falak. Dalam penelitian ini penulis melakukan beberapa tahapan penelitian, pertama dengan menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif yaitu dengan melakukan pengumpulan data-data perhitungan bujur tempat dan lintang tempat. Data-data tersebut kemudian di masukan dalam perhitungan penentuan arah kiblat dalam aplikasi Digital Falak. Setelah itu penulis menggunakan uji akurasi perbandingan nilai perhitungan Digital Falak dengan hasil perhitungan dari bukubuku falak yang ada. Hasil telaah terhadap rumusan masalah maka penulis menyimpulkan bahwa aplikasi android Digital Falak merupakan aplikasi falak arah kiblat yang cukup akurat ketika dipadukan dengan menggunakan alat theodolit dan tongkat istiwak, karena hanya selisih 2,5 derajat dan itu sudah bisa digunakan acuan untuk menentukan arah kiblat, maka nilai keakuratanya dalam perhitungan pasti di perhatikan secara hati-hati. Meskipun dalam hasilnya perbandingan perhitungan Digital Falak dengan tongkat istiwak dan theodolit ada selisih akan tetapi selisih tersebut sangat sedikit atau kecil, selisih yang kecil tersebut masih dianggap dalam batas wajar. Kata Kunci: Arah Kiblat, Aplikasi Android, Digital Falak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020111 Islamic Astronomy (Falak) > 02011199 Islamic Astronomy (Falak) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:32
Last Modified: 09 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19876

Actions (login required)

View Item View Item