Tan Malaka dan Pendidikan Islam (analisis pemikiran pendidikan Tan Malaka dan relevansinya dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia.

Zain, Mahmud (2018) Tan Malaka dan Pendidikan Islam (analisis pemikiran pendidikan Tan Malaka dan relevansinya dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mahmud Zain_084 131 450.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tan Malaka adalah seorang tokoh nasional yang berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan manusia terutama di Indonesia, dan telah banyak melahirkan ide dan pemikiran yang orisinil. Tetapi tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Tan Malaka juga terlibat dalam dunia pendidikan. Keterlibatannya dalam pendidikan Tan Malaka Tuliskan dalam sebuah karya tentang pendidikan dengan bentuk lembaran yaitu Sarekat Islam and Onderwijs. Namun perkembangan jaman dan perubahan tersebut tidak selalu diringi kualitas sumber daya manusia bagus. Sehingga mengakibatkan ketimpangan dan kebobrokan di segala lini sektor kehidupan. Untuk itu dibutuhkan pendidikan alternativ sebagai jalan keluar sebagai upaya pemecahan persoalan yang terjadi.. Adapun fokus kajian ini adalah: (1), Bagaimana pemikiran pendidikan Tan Malaka ? (2), Bagaimana relevansi pemikiran pendidikan Tan Malaka dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia? Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1), Untuk mendeskripsikan pemikiran Pendidikan Tan Malaka; (2) Untuk mendeskripsikan relevansi pemikiran pendidikan Tan Malaka dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan prosedur penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian studi kepustakaan (library research). Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan dokumenter, tehnik analisa datanya menggunakan analisa isi (content analysis) dan untuk menguji keabsahan datanya mengunakan triangulasi sumber. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1. Pemikiran pendidikan Tan Malaka bersifat Materialis religius, pemikiran pendidikan tersebut karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dialami maupun diketahui diantaranya yaitu agama, budaya, lingkungan, politik, ekonomi dan pendidikan atas dasar itulah kemudian membentuk pemikirannya yaitu pendidikan kerakyatan. Pendidikan kerakayatan adalah sebuah usaha dan upaya penyadaran rakyat terhadap penindasan dialaminya agar rakyat dapat melawan kapitalisme dan kolonialisme. Sehingga manusia memiliki kesadaran atas harkat dan martabatnya sebagai manusia individu maupun manusia sebagai sosial. 2. Relevansi pendidikan Tan Malaka dengan sistem pendidikan Islam di Indonesia yaitu pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan rakyat, karena pondasi terbesar dalam pendidikan Islam adalah internalisasi keimanan yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didik dengan melalui pengetahuan ilmu duniawi seperti ilmu teknik, ilmu bahasa, ilmu kemasyarakatan agar kehidupan seseorang bisa menjadi kaya sebagai modal dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama. Dengan demikian sistem pendidikan Islam di Indonesia akan berjalan dengan lancar sekaligus memberikan pengembangan bagi pendidikan Islam di Indonesia. Kata kunci : Pendidikan Tan Malaka, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:32
Last Modified: 09 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19892

Actions (login required)

View Item View Item