Pengaruh Net Profit Margin, Return On Asset & Leverage terhadap Income Smoothing serta dampaknya terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia

Nasrifah, Maula (2016) Pengaruh Net Profit Margin, Return On Asset & Leverage terhadap Income Smoothing serta dampaknya terhadap Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maula Nasrifah_0839214014.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci :Net Profit Margin, Return On Asset, Leverage, Income Smoothing, Kinerja Keuangan Income Smoothing perupakan salah satu metode penggungkapan laporan keuangan suatu perusahaan dengan tujuan untuk menstabilkan laba dari satu periode ke periode berikutnya. Hal ini dilakukan oleh manajemen dengan tujuan untuk menampilkan kinerja keuangan agar dinilai baik oleh para stakeholdernya termasuk investor dengan harapan agar supaya investor dapat menginvestasikan dananya pada perusahaan tersebut mengingat laba yang stabil sangat diminati oleh Investor. Adapun salah satu faktor yang yang diindikasikan dapat mempengaruhi praktik Income Smoothing adalah melalui rasio-rasio keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel yakni Net Profit Margin, Return On Asset dan Leverage terhadap Income Smoothing serta dampaknya terhadap Kinerja Keuangan pada Bank Umum Syariah di Indonesia dengan menggunakan data Laporan Keuangan tahun 2010 - 2013. Analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis regresi yang dikembangkan dengan Path Analysis dengan Triming Model. Data diuji dengan menggunakan Uji Asumsi Klasik Normalitas, Heterokedastisitas, Multikolinieritas dan Auto korelasi. Uji Hipotesis dilakukan dengan bantuan Software SPSS Versi 21.0 Hasil Analisis menunjukkan bahwa hanya Net Profit Margin yang berpengaruh signifikan terhadap Income Smoothing, sedangkan Return On Asset dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Income Smoothing. Selain itu, Net Profit Margin berpengaruh juga terhadap Kinerja Keuangan, sedangkan Return On Asset, Leverage dan Income Smoothing tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:32
Last Modified: 09 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19894

Actions (login required)

View Item View Item