Pengaruh Supervisi Pendidikan dan Motivasi Kerja Terhadap Semangat Kerja dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016.

Nahrowi, Moh. (2016) Pengaruh Supervisi Pendidikan dan Motivasi Kerja Terhadap Semangat Kerja dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh.Nahrowi_0849114010.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kata Kunci: Supervisi Pendidikan, Motivasi Kerja, Semangat Kerja, Profesionalisme Guru Pendidikan dan pengajaran merupakan suatu kebutuhan pokok pada abad ini. Guru sebagai pemegang peranan penting dituntut untuk meningkatkan profesionalismenya. Peningkatan profesionalisme guru tersebut juga bisa dicapai melaliu kegiatan supervisi dan motivasi kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah terdapat pengaruh antara supervisi pendidikan dan motivasi kerja terhadap semangat kerja dan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Jombang. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi pada pengembangan teori terutama supervisi pendidikan dan motivasi kerja serta dampaknya terhadap semangat kerja dan profesionalisme guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis regresi linier dengan menggunakan metode phat analisis(analisis jalur). Data dalam penelitian ini berupa data primer berasal dari sampel 78 orang dari populasi 103 orang guru PAI sekecamatan Jombang, dengan taraf kesalahan 5%. Uji hipotesis dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Supervisi Pendidikan berpengaruh tidak signifikan terhadap semangat kerja guru PAI di Kecamatan Jombang. Karena nilai Signifikansi sebesar 0,808 > 0,05 probabilitas, dengan pengaruh langsung sebesar -0,026. (2) Supervisi Pendidikan berpengaruh tidak signifikan terhadap profesionalisme guru PAI di Kecamatan Jombang, karena nilai Signifikansi sebesar 0,686 > 0,05 probabilitas. dengan pengaruh langsung sebesar 0,044. (3) Motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap semangat kerja guru PAI di Kecamatan Jombang, karena hasil Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 probabilitas. dengan pengaruh langsung sebesar 0,631. (4) Motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap profesionalisme guru PAI di Kecamatan Jombang, karena Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 probabilitas. dengan pengaruh langsung sebesar 0,574. (5)Semangat kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap profesionalisme guru PAI di Kecamatan Jombang, karena nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 probabilitas. dengan pengaruh langsung sebesar 0,745. (6) Supervisi pendidikan dan semangat kerja secara total berpangaruh rendah terhadap profesionalisme guru sebesar 0,025. (7) Motivasi kerja dan semangat kerja secara total berpangaruh kuat terhadap profesionalisme guru sebesar 0,622. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, diharapkan agar supervisi pendidiakan dan motivasi kerja oleh kepala sekolah selaku supervisor dan motivator dapat diterapkan sebagaimana ketetapan dan ketentuan yang berlaku agar dapat mendorong semangat kerja dan profesionalisme guru PAI di Kecamatan Jombang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:32
Last Modified: 09 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19899

Actions (login required)

View Item View Item